Lapis legit putih telur (Lapis Lampung)

Wednesday, October 23, 2013 | me |





Ceritanya pas liburan kemaren saya punya banyak stok putih telur yang gak terpakai sisa dari pembuatan kue lapis legit (yang bahan dasarnya pake kuning telur saja). Nyari-nyari ide mau dibikin apa ya putih telur yang kalo ditimbang bisa hampir 1,5kg ini? Hmmmm.... akhirnya iseng-iseng searching di internet nyari resep kue lapis legit, tapi bahan dasarnya dari putih telur. Alhamdulillah akhirnya nemu resep kue lapis putih telur dari dapurnya mbak Hesti ini. Dari tampilan foto kue lapisnya sepertinya menarik dan bahannya juga mudah dan tersedia dirumah. Akhirnya bereksperimenlah saya dengan resep kue lapis legit putih telur ala mbak Hesti yang sedikit saya modifikasi. Here we go....


Bahan:
500 gram putih telur
1 sendok makan emulsifier (SP/TBM/Starkies)
150 gram gula pasir
200 gram gula merah (sisir halus)
2 bungkus susu full cream bubuk (saya pakai dancow)
100 gram tepung ketan (saya pakai rose brand)
1 sendok makan bumbu spekoek (jika suka)
150 gram butter (saya pakai anchor)
100 gram margarine (saya pakai blue band)


Cara membuat:
  1. Siapkan loyang ukuran 20x20x7cm, olesi dengan mentega, lalu alasi bagian dasar loyang dengan kertas roti, lalu olesi dengan mentega lagi, sisihkan.
  2. Siapkan oven, panaskan oven dengan api bawah, suhu 160 celsius.
  3. kocok putih telur dengan emulsifier dengan hand mixer dengan kecepatan maksimal sampai setengah mengembang, lalu masukkan gula pasir dan gula merah, kocok lagi dengan kecepatan maksimal sampai benar-benar mengembang, kental dan ketika diangkat tidak jatuh.
  4. Kocok butter dan margarine sampai lembut dan putih (terpisah dengan kocokan putih telur), sisihkan. 
  5. Masukkan susu, tepung ketan dan bumbu spekoek kedalam adonan putih telur, secara bertahap dan aduk rata dengan mixer kecepatan rendah, matikan.
  6. Masukkan kocokan butter dan margarine kedalam adonan putih telur sedikit demi sedikit, aduk rata adonan dengan menggunakan spatula dengan gerakan dari bawah ke atas (aduk balik).
  7. Timbang adonan tadi seberat 100 gram, tuang adonan pertama ke dalam cetakan, oven dengan api bawah selama kurang lebih 3-5 menit (sampai kue berwarna kecoklatan). Angkat, oles dengan sedikit mentega.
  8. Tuang lagi adonan 100 gram, ratakan dengan sendok. oven kue lapisan kedua dengan api atas (api sedang) sampai kue berwarna kecoklatan (kurang lebih 3-5 menit). 
  9. Lakukan langkah nomor 8 yaitu melapis kue perlapis hingga adonan habis, matikan api atas.
  10. Terakhir, setelah lapisan terakhir matang, bungkus bagian atas loyang dengan alumunium foil, lalu oven lagi kue lapis dengan api bawah (suhu 160 celsius) selama kurang lebih 15 menit. Angkat. Ini gunanya untuk mengeringkan dan mematengkan kue di bagian bawah dan sisi-sisi loyang. Angkat, dan dinginkan. Keluarkan secara perlahan dan hati-hati dari loyang.
Setelah diicip-icip sama keluarga dan teman-teman kantor, komentar mereka katanya kue lapisnya enak, agak kenyal-kenyal gitu karena pake putih telur kali ya.


Makasih mbak Hesti untuk resep super deliciousnya. Special to mbak Desi Septina yang kemaren minta resepnya, ini saya share resepnya ya. Happy baking ya mbak.... and for all, thank for reading my blog :)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...