Muffin Blackforest

Thursday, October 24, 2013 | me |
Muffin Blackforest
Jalan-jalan ke Toko Bahan Kue (TBK)  itu ada banyak keuntungannya lho, selain bisa belanja bahan-bahan untuk membuat kue, kalau lagi beruntung disana juga biasanya tersedia banyak informasi kursus kue yang bakal diadakan. Untuk kursus kue itu sendiri ada yang diselenggarakan di TBK tersebut, ada juga yang diadakan ditempat lain semisal hotel atau restaurant. Kalau pas pulang ke Balikpapan, biasanya saya selalu belanja bahan untuk membuat kue di TBK Sinar 88. Kenapa di Sinar 88? karena saya yang warga baru di Balikpapan cuma tau TBK itu saja, yang lainnya saya gak tau. Lokasinya juga mudah dijangkau, karena berada diarea pasar terbesar di Balikpapan, Pasar Pandan Sari/kebun sayur.

Lanjut cerita tentang kursus kue, hari Sabtu tanggal 19 Oktober 2013 TBK Sinar 88 bekerjasama dengan Zeelandia mengadakan demo bikin aneka roti manis dan Muffin Blackforest. Wah seru banget donk, selain biayanya murah cuma Rp75.000,- juga ilmu yang didapat banyak banget. Chef Radit dari Zeelandia mempraktekkan resep dan cara membuat roti, dia juga berbagi aneka tips  membuat roti yang empuk, lembut dan enak.  Selain roti, chef Radit juga mengajarkan kami resep Muffin Blackforest. Hasilnya? Gak mengecewakan donk, muffin blackforestnya enak banget, padet tapi nyokelat banget. Oiya untuk demo kali ini setiap peserta juga diajak ikut praktek lho, chef Radit-nya sabar banget melatih kami ibu-ibu yang awam dengan dunia "per-roti-an" dan muffin.

Kali ini saya pengen share resep Muffin Blackforest ala Zeelandia. Resep ini gampang banget, terutama untuk bunda yang cukup sibuk namun pengen bikin kue muffin blackforest untuk buah hati tercinta atau mau terima pesanan kecil-kecilan di kantor. ini dia resepnya, here we goooooo....

Bahan:
1000 gr Indomuffin Chocolate (Tepung muffin siap pakai dari Zeelandia, diganti merk lain juga bisa)
400 gr telur utuh (sekitar 8 biji)
400 gr minyak goreng (bisa Filma/Bimoli/dll)
150 gr fresh milk/Susu UHT (kemaren pake Ultra)
3 gr pasta blackforest (kemaren pake L'arome Blackforest Zeelandia)
4 gr baking soda.

Filling:
50 gr Palleta Excelent Blueberry (semacam selai blueberry, bisa ganti merk lain)
150 gr Dark Cherry (kalengan)
Campur semua bahan menjadi satu dan aduk rata

Decor:
300 gr Creamix (semacam butter cream siap pakai) dikocok selama 5 menit hingga kaku dan mengembang
Dark Chocolate coumpound (kemaren pakai Collata), serut menggunakan peeler
Cherry merah

Cara membuat:
  • Campur semua bahan menjadi satu, kocok selama 3-5 menit  dengan menggunakan hand mixer.
  • Tuangkan separuh adonan kedalam paper cup atau loyang muffin dengan diameter 5cm, lalu isi dengan bahan filling, kemudian tuang kembali sisa adonan sebanyak 3/5 tinggi cetakan (jangan sampai penuh/sampai batas cetakan).
  • Panggang dalam oven dengan suhu 175 derajat celcius selama 20-25 menit hingga matang. Angkat dan dinginkan.
  • Decor dengan creamix, taburi dengan cokelat serut dan garnish dengan cherry merah.
 Masih belum familiar dengan beberapa bahan? Berikut saya berikan contoh gambarnya, semoga dapat membantu:

2 comments:

  1. Whuuuuaaaa nyokelat bangettt? mau dongggg ^_^

    ReplyDelete
  2. ini praktis dibuat dirumah lho mbak kalo nanti si kakak ada market day, tinggal belanja tepung muffin siap pakai, telur, cokelat, selai/topping blueberry, butter cream siap pakai, sama cherry hitam dan merah. kocok2 bentar, oven, angkat trus tinggal decor deh. :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...