Nastar klasik spesial ala saya :D

Wednesday, October 23, 2013 | me |

Nastar Klasik bentuk bulat



Nastar klasik bentuk daun
Masih berlanjut cerita liburan kemaren, suami merengek minta dibikinin kue nastar kesukaannya tapi kali ini requestnya sedikit nyebelin sebenarnya karena dia minta dibikinin nastar klasik bentuk daun kayak bikinan mamanya, katanya lagi itu nastar paling enak sedunia. Lebaaaaaayyyyyy....deh. Saya yang udah lama banget gak bikin nastar model daun ini agak senewen awalnya, karena susah dan ribet bikinnya tauuuuu....

Ya sudah, karena merasa tertantang, berbekal sedikit ingatan cara bikin nastar bentuk daun (karena dulu waktu masih SMA pernah tinggal dirumah adik ibu dan bantuin dia bikin kue ini) oke saya coba bikin nastar klasik bentuk daun. Sambil bertekad dalam hati, nastar saya ini harus jadi nastar paling enak sedunia, ngalahin nastar buatan mertua, hihihi.

Bermodal dari resep nastar dari kursus kue di NCC dulu dan ditambah jepitan khusus untuk kue nastar yang saya beli di TBK Sinar 88 Balikpapan, jadilah dia kue nastar klasik paling enak sedunia :P. Alhamdulillah suami bilang nastarnya enak banget, teman-teman di kantor lama dan kantor baru juga bilang nastarnya enak banget, bahkan ada yang mau pesan tapi belum bisa saya ambil karena gak punya peralatan "perang" di jakarta ini :(

Berikut saya bagi resep nastar NCC yang sedikit saya modifikasi:
Selai Nanas:
2 buah nanas ukuran sedang/besar, dihaluskan (saya biasaya diparut, supaya ada serat-seratnya)
250 gram gula pasir
1 batang kayu manis

cara membuatnya:
Masak nanas yang dihaluskan bersama airnya, dan kayu manis hingga setengah kering, lalu tuang gula pasir dan masak lagi dengan api kecil hingga kering dan liat. angkat.


Bahan Kulit:
250 gr Margarine (saya biasa pake merk blue band)
250 gr Butter (saya biasanya pake merk wysman atau Anchor)
100 gr gula halus
4 butir kuning telur
700 gr tepung terigu (protein sedang, saya biasa pakai Kunci Biru)
4 sendok makan susu bubuk full cream (biasa pakai Dancow)
1 sendok teh powder penambah aroma dan perasa rasa vanila milk (optional)

Bahan polesan:
 2 buah kuning telur 

Cara membuatnya:
  1. Kocok margarine, butter, gula dan telur hingga rata (hand mixer speed 1-2, asal nyampur aja, sekitar 1-2 menit)
  2. Masukkan tepung terigu, susu bubuk, dan L'arome vanila milk, aduk perlahan hingga tercampur rata. Usahakan mengaduk dengan "pastry blended" ataupun kalau gak punya bisa diaduk dengan menggunakan spatula atau tangan tapi hanya bagian jari saja, jangan sampai kena bagian telapak tangan (tips dari mbak Nadrah NCC, lupa alasannya apa)
  3. Diamkan adonan sebentar kurang lebih 5-10 menit.
  4. Untuk nastar bentuk daun, ambil selai nanas timbang seberat 10 gram, lalu bentuk bulat lonjong. Untuk nastar bentuk bulat, ambil selai nanas timbang seberat 4 gram, lalu bulatkan.
  5. Untuk nanas bentuk daun, ambil adonan kulit, dan timbang seberat 20 gram, pipihkan dengan menggunakan tangan saja, lalu masukkan selai dan bentuk seperti daun dan jepit dengan penjepit khusus nastar. Sedangkan nastar bentuk bulat adonan kulitnya seberat 8 gram.
  6. Susun kue di loyang, beri jarak.
  7. Oven dengan suhu 140 derajat celcius selama kurang lebih 30 menit. pada menit ke 15 atau kue setengah matang keluarkan dari oven, poles dengan bahan polesan. Untuk hasil polesan yang cantik dan mengkilap, oles dengan polesan sebanyak 2 kali.

UPDATE!!!!
Juli 2015
Berikut untuk teman-teman yang ingin membuat nastar klastik dengan bentuk bulat. Di atas bisa dilihat hasil nastar bulat buatan saya. Oiya, kalau masih bingung seperti apa bentuk selai nanas yang sudah kering dan liat dan siap untuk digunakan sebagai isian nastar. Untuk isian nastar bulat ini saya memakai selai nanas seberat 4 gram, dan adonan kulitnya seberat 8 gram. Kenapa begitu? agar saat memakan nastar, rasa kulit dan selainya seimbang, selainya berlimpah dan gak seuprit, hehehe.





Selai Nanas yang sudah kering dan liat, sudah gampang untuk dipulung.
Selai nanas yang sudah di pulung, beratnya 4 gram
Selai nanas beratnya 4 gram, untuk adonan seberat 8 gram.







4 comments:

  1. Yang ini aseli enak!
    Tapi kalo terima pesenan untuk kue lebaran, kamu bisa tekor mel, besar" soalnya :p

    ReplyDelete
  2. Makasih ya mbak.. kalo utk lebaran mungkin nanti bisa dibuat bentuk keranjang kecil2 atau digulung (kayak yang dulu pernah aku beli di Kedaung, setoples) atau dibuletin kayak biasa. thank udah mampir :)

    ReplyDelete
  3. Mbak resep ini bisa ngak pakai cetakan nastar bunga kecil (pie kecil)takutny hancur saat dikeluarkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa banget mbak Eva, saya jga biasa bikin pake cetakan nastar bunga pie itu. sebelumnya cetakannya dioles tipis dengan margarine ya.

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...