Balado sotong paprika

Sunday, June 15, 2014 | me |

Ceritanya kemaren hari minggu, saya dan keluarga wisata ke pantai Manggar, acara perpisahan TK nya abang Seno, sekalian wisata keluarga. Pulang dari pantai, kami sempatkan untuk mampir ke Pasar Manggar untuk membeli ikan disana. Sebagai informasi, daerah Manggar ini merupakan daerah pesisirnya Balikpapan, disana banyak nelayan yang tinggal dan menjual hasil tangkapan mereka langsung di pasarnya. Sudah pasti hasil tangkapan para nelayan itu masih segar-segar dan harganya sedikit lebih murah dibanding pasar lainnya di Balikpapan. 
Kami membeli sotong kodok dengan harga Rp.30.000/kg. 

Bedanya apa sih sotong dengan cumi? Yang saya tau, cumi itu bentuknya panjang, kalo sotong itu cenderung lebih pendek dan pipih, kalau detailnya mungkin bisa baca di link ini saja. Oiya, nama sotong kodok ini bukan sotong yang mirip kodok atau kodok yang mirip sotong ya, hehehe. Ini cuma istilah saja, di kampung halaman saya Pontianak, orang-orang  melayu menyebutnya demikian karena penampakannya yang genduk pipih seperti kodok. Membersihkannya gampang, tinggal buang tulang punggungnya yang keras, buang tinta hitamnya, kuliti kulitnya, kemudian potong-potong sotong dengan bentuk kotak-kotak sesuai selera.

Karena kemaren sore pulang dari pantai kami sudah kelaparan akut, jadi saya mengolahnya dengan sesederhana mungkin, cepat, enak dan pedessss pastinya, hehehe supaya menggugah selera makan. Alhamdulillah di kulkas masih banyak stok cabe merah keriting dan cabe rawit, juga ada paprika merah, sotong pun saya olah menjadi Sotong Balado Paprika yang super hot. Berikut resepnya.

Bahan:
500 gram sotong yang sudah dibersihkan dan dipotong-potong
1 sendok makan air jeruk nipis (untuk perasan sotong)
1 buah paprika merah di potong kotak-kotak
1 batang sereh
4 lembar daun jeruk purut
Garam, gula dan penyedap rasa secukupnya
1 sendok makan air asam jawa
Minyak goreng secukupnya

Bumbu halus:
6 buah cabe merah keriting
10 buah cabe rawit merah
3 buah bawang merah
5 siung bawang putih
3 butir kemiri
1 ruas jahe (kurleb 2cm)

Cara membuat:
Tumis bumbu halus sampai harum, tambahkan paprika, sereh, daun jeruk, masukkan air asam jawa, garam, gula dan penyedap rasa, aduk-aduk. Kemudian masukkan sotong dan masak sampai matang. untuk yang suka sedikit berkuah, bisa tambahkan air matang sedikit saja, karena sotong juga mengeluarkan air ketika dimasak. Jangan over cook ya, bisa-bisa sotongnya keras.



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...