Bolu Gulung Pandan Isi selai bluberry topping keju

Tuesday, June 03, 2014 | me |
Ceritanya lagi rajin nge-blog ni bund hehehe. Saya termasuk orang yang pelupa dan sering sekali kehilangan catatan resep kue dari kursus kue yang pernah saya ikuti atau dari pemberian teman, teledor kalau naroh barang dan catatan. Makanya saya perlu membuat dokumentasi di blog ini sebelum saya lupa, jadi kalau nanti mau bikin lagi, tinggal buka blog saja, gampang.

Tadi malam, saya iseng nyobain bikin kue bolu gulung setelah beberapa bulan saya vakum dari dunia baking di dapur pribadi saya. Bolu gulung ini ceritanya bakal oleh-oleh untuk keluarga yang nantinya  dibawa bapak saya yang akan mudik ke kampung halamannya di Bone besok kamis. Resepnya saya ambil dari seorang blogger favorit saya yaitu mbak Hesti, resep aslinya juga bisa bunda klik disini. Kenapa resepnya mbak Hesti? Karena kue buatan saya tak pernah gagal sebab mencoba resep dari mbak Hesti ini. Saya terinspirasi banget dari beliau, yang terampil sekali dalam membuat kue, saluuuut. I Love your workofrart mbak Hesti so much..much... :)

Berikut hasil bolgul buatan saya, ada 2 rasa yaitu rasa pandan dan rasa vanila susu. Resepnya sama aja, cuma untuk yang rasa vanila susu, pasta pandannya diganti dengan pasta vanila susu. Bolgul ini  agak sedikit gagal di proses penggulungan saja (maklum pemula), tapi tetap enak rasanya koq (muji diri sendiri boleh lah ya) :D

Bahan:
10 Kuning Telur
1 putih telur
90 gram gula pasir (kastor, jangan gula halus)
1 sendok teh SP (saya pakai merk Starkies)
50 gram tepung terigu (pilih tepung terigu yang khusus untuk buat cake ya bund)
15 gram tepung maizena
50 gram margarine (lelehkan)
50 gram salt butter (lelehkan)
1 sendok makan susu kental manis
1-2 sendok makan pasta pandan (kira-kira aja hijaunya, sesuai selera)

Pelengkap:
Selai Bluberry untuk filling
Butter cream dan Keju cheddar parut untuk topping

Cara membuatnya:
1. Kocok kuning telur, putih telur dan gula pasir sampai mengembang dan kental (soft peak/jambul petruk)
2. Masukkan tepung terigu dan maizena sedikit demi sedikit sambil diaduk rata dengan mixer kecepatan paling rendah. setelah tercampur rata, matikan.
3. Masuk mentega dan margarine cair, aduk rata dengan spatula (gerakan dari bawah ke atas)
4. Masukkan pasta pandan dan susu kental manis, aduk rata.
5. Siapkan loyang ukuran 22x22x4, olesi dengan margarine. Lalu alasi dasarnya dengan kertas roti, oleskan margarine lagi.
6. Tuangkan adonan kedalam loyang, panggang dengan panas 150-160 derajat selama 15-20 menit dengan api bawah, dan  5 menit dengan api atas (supaya kuenya berwarna kecoklatan agar tidak lengket saat digulung).
7. Angkat, dinginkan sebentar lalu balikkan diatas kertas roti. Olesi dengan selai bluberry dan kemudian digulung dengan menggunakan kertas roti.
8. Oleskan buttercream untuk topping dan taburkan keju parut diatasnya.


Selamat mencoba :)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...