Donat Kentang ala Amelia

Monday, November 17, 2014 | me |
Bismillah
Saya beberapa kali gagal dalam membuat roti, namun saya tak patah arang. Mungkin saya harus belajar dari membuat yang mudah-mudah dulu ya, seperti donat ini. Yap.. untuk kelas pemula dalam dunia baking seperti saya ini, donat boleh dijadikan langkah awal untuk sukses membuat roti lain, hihihi...

Minggu kemaren saat saya belanja sayur mayur di Pasar Segar Balikpapan, saya melihat ada satu stand kecil yang ramai sekali dikunjungi orang-orang, apa ya yang dijual sampai ramai begitu. Karena penasaran saya pun ikut melihat kesana. Eh ternyata yang dikerubutin orang-orang itu adalah stand donat kentang. Woow... pasti enak ni kalau udah rame gini antrinya. Akhirnya saya ikut beli 5 biji, sambil tanya-tanya resepnya ke ibu penjualnya. Untungnya ibu penjualnya tidak pelit berbagi resep donatnya, wah senang sekali masih ketemu orang baik seperti ini. Dari cerita ibunya, dalam membuat donat kentang ini, tepungnya 1 banding 1 dengan kentangnya. Misal 1 kg tepung terigu, maka kentangnya juga 1 kg. Gulanya 1/4 dari jumlah tepung, telurnya 4 buah. Hemmmm.... paham deh.

Akhirnya, karena penasaran siangnya saya langsung praktek. Karena masih mencoba, dan hanya untuk konsumsi pribadi, saya coba buat adonan 1/2 kg tepung saja. Kalaupun gagal kali ini pikir saya, kan gak rugi banyak, hihihi... ibu-ibu tetep aja hitungan ekonomisnya jalan :D


DONAT KENTANG 
(source: Ibu donat kentang pasar segar :D)
Bahan:
500 gram tepung terigu protein tinggi
500 gram kentang rebus, dihaluskan
2 buah telur
125 gram gula pasir
75 gram margarine
1 1/2 sendok teh ragi instant
1 sachet susu bubuk full cream
100 ml air es
1 sendok teh garam
Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara membuat:
  1. Campurkan tepung, gula, ragi instant, susu bubuk, aduk rata dengan menggunakan tangan.
  2. Masukkan kentang yang dihaluskan, telur, dan air. uleni sampai setengah kalis. Untuk air, tipsnya ditambahkan sedikit demi sedikit ya sambil diuleni terus.
  3. Tambahkan margarine dan garam. Uleni lagi sampai kalis dan elastis. 
  4. Ambil adonan secukupnya dan bulatkan (seperti di foto) sampai semua adonan habis. Tata di nampan atau piring yang sudah ditaburi sedikit tepung supaya tidak lengket.
  5. Tutup adonan dengan serbet lembab, diamkan selama 30 menit s.d 1 jam.
  6. Ambil adonan tadi, dan tekan dibagian tengahnya dengan jempol, lalu angkat dan bulat-bulatkan dengan 2 jari telunjuk sambil diputar-putar (ini praktis tanpa menggunakan cetakan donat).
  7. Goreng donat dengan api sedang sampai matang kedua sisinya (jangan lupa dibalik ya).
  8. Angkat dan tiriskan donat.
  9. Taburkan dengan icing sugar atau gula donat setelah donat benar-benar dingin.







No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...