Banana French Toast

Sunday, January 11, 2015 | me |

Bismillah.
Lamaaaaaaaa.... banget rasanya gak posting resep baru di blog tercinta ini. Kangeeeen. Pertengahan Desember 2014 kemaren keluarga kami mendapatkan sedikit cobaan dari Allah, suami saya terkena penyakit batu ginjal dan menjalani operasi (laser) untuk memecahkan batu tersebut. Semingguan lebih saya pp rumah-rumah sakit-kantor. Akhir tahun setelah suami sembuh, kami cuti pulang kampung ke Surabaya selama 2 minggu. Pulang-pulang dari mudik saya tepar, kerjaan kantor numpuk, tugas ngajar menanti, belum lagi PR me-review produk fry pan-nya Lock&Lock juga belum kelar, tamu RGH yang datang silih berganti. Awal tahun yang hectic ya, hehehe... dijalani saja, sambil terus bersyukur, disela-sela kesibukan masih bisa menyempatkan diri untuk memasak.

Kali ini masaknya masih yang simpel-simpel saja, bikin french toast. Ceritanya akhir-akhir ini guest house saya sering kedatangan tamu bule dari benua Eropa, alhamdulillah, senang sekali karena RGH sudah mulai dikenal oleh para pelancong asing yang berkunjung ke Balikpapan. Untuk tamu bule, biasanya saya agak extra effort untuk menjamu mereka, bukannya apa-apa ini menyangkut mendukung Pemerintah khususnya Kalimantan Timur dalam memajukan pariwisata. Sebagai tuan rumah kita harus ramah dan memberikan pelayanan terbaik, supaya tamunya senang dan punya pengalaman menyenangkan selama di RGH. Nah... salah satu extra effort saya untuk para tamu bule adalah membuatkan sarapan special untuk mereka. Biasanya ada nasi kuning, atau nasi goreng, tapi kali ini saya coba bikin yang agak beda, dari roti. Yup, Banana Roll French Toast. Ala-ala eropa ya, hihihi... iya, tapi tetap saya kasi khasnya Indonesia, yaitu pisang kepok. Nyam..nyam...

Resep Banana Roll French Toast
(untuk 6 buah)
Bahan:
3 buah pisang kepok, belah 2 bagian
6 lembar roti tawar tanpa kulit

Bahan pencelup:
2 butir telur
1/4 sendok teh garam
2 sendok makan gula pasir
75 ml susu cair
50 gram mentega untuk menumis

Cara membuat:
  1. Pencelup, kocok lepas telur, garam dan gula pasir. Masukkan susu cair sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.
  2. Celup roti satu persatu, letakkan pisang. Gulung.
  3. Panaskan fry pan, beri mentega sampai leleh. Tumis roti sambil dibolak-balik sampai kecokelatan.
  4. Angkat dan sajikan. 
  5. Jika suka, bisa diberi taburan gula halus dan bubuk kayu manis.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...