Buttermilk Banana Bread

Saturday, February 14, 2015 | me |

Bismillah.
Pisang lagiiiiiii. Tak bosan ya teman-teman, resep kue saya kali ini masih seputaran pisang lagi. Lha bagaimana, bahannya ada dan sayang kalau gak dimanfaatkan. Hari ini tetangga sebelah rumah saya panen pisang, saya kebagian rejeki dikasih 2 sisir pisang. 1 Sisir sudah mateng, rasanya manis sekali karena mateng pohon. 1 Sisir lagi sudah tua tapi belum mateng. Pisang yang sudah mateng ini enaknya dibikin kue, dan saya masih penasaran dengan Banana Bread. Nyari-nyari resep, ketemunya resep Buttermilk Banana Bread-nya Kitchen Confidante

Takaran resepnya menggunakan "Cup" ya teman-teman. Hasilnya lembut dan moist banget, tapi menurut saya pori-porinya kurang dapet. Kenapa ya? Mungkin saya numbuk pisangnya kurang halus. Anyway... i love banana and monkey love too hahahaha :D

Buttermilk Banana Bread

Bahan:
6 buah pisang kepok yang mateng sekali, haluskan.
3 Cup tepung terigu protein rendah
½ sendok teh garam
1½ sendok teh bubuk kayu manis
1½ sendok teh baking powder
1½ sendok teh baking soda
2 cups gula pasir
1 cups butter/margarine
2 telur
1 cup buttermilk (dari 1 cup susu cair dan 1 buah air jeruk lemon. Aduk, diamkan beberapa menit).

Cara membuat:

  1. Siapkan loyang loaf ukuran 26x10x8cm, oles dengan margarine. Kemudian alasi dengan kertas roti.
  2. Panaskan oven dengan suhu 175 derajat celcius.
  3. Dalam sebuah mangkok besar, campur tepung terigu, garam, bubuk kayu manis, baking powder dan baking soda. Aduk rata, sisihkan.
  4. Campurkan gula pasir dan butter, mixer dengan kecepatan sedang sampai agak putih, masukkan telur, kocok sampai lembut dan mengembang. Masukkan pisang dan buttermilk. Kocok lagi.
  5. Masukkan campuran tepung tadi kedalam adonan, kocok sebentar sampai rata. 
  6. Tuang adonan kedalam loyang. Oven selama kurang lebih 50 s.d 60 menit sampai matang dan berwarna kecoklatan. Angkat dan sajikan.





No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...