"I Love Korean" Food Challenge (Review Aplikasi Korean Restaurant Guide: Indonesia-Malaysia)

Monday, February 02, 2015 | me |


Bismillah.
Korea, I love at the first sight. Ya... saya jatuh cinta pada pandangan pertama dengan Korea. Jatuh cinta saat menonton drama Korea "Jewel In The Palace" di salah satu TV swasta Indonesia akhir tahun 2005. Drama Korea tersebut benar-benar dapat merepresentasikan segala hal tentang Korea dimasa silam. Tentang kerajaan dan budayanya, sopan santunnya, pakaiannya, ilmu pengobatannya, dan terutama makanannya yang beraneka ragam. Dari film itu juga saya baru tahu bahwa makanan korea itu banyak sekali jenisnya, selain enak-enak juga memiliki khasiat pengobatan. Pesan itu disampaikan Dae Jang Geum dengan sangat sempurna bagi penontonnya terutama kami yang belum mengenal tentang Korea.

Semua tentang Korea adalah sangat menarik. Saya termasuk pecinta drama Korea (K-Drama). Pernah suatu waktu, saya berdua teman saya nonton drama korea (16 episode) berjudul "Mary Stayed Out All Night" yang dibintangi aktris kesukaan saya Moon Geun Young, sehari semalam non stop, hanya berhenti sejenak untuk makan dan sholat. Hehehe... penggila Korea :)

Kata orang-orang, budaya dari sebuah negara bisa dikenal dari makanannya. Makanan bisa merepresentasikan nilai atau kekayaan dari suatu negara. Tak salah jika Korea memperkenalkan budayanya dari bidang kuliner atau makanan khasnya. Seperti yang dilakukan oleh The Korean Food Foundation (KFF).  KFF adalah sebuah organisasi non pemerintah yang terkemuka yang mempunyai misi untuk mempromosikan masakan Korea dan budaya kuliner Korea melalu penelitian (baca; K-Food). Harapannya adalah K-Food dapat menjadi seperti K-Pop dan K-Drama yang sudah lebih dulu terkenal. 

Kabar baiknya bagi pecinta K-Food adalah KFF telah meluncurkan buku saku Korean Restaurant Guide: Indonesia and Malaysia. Tapi jangan berkecil hati, buat teman-teman yang belum punya buku saku Korean Restaurant Guide, teman-teman juga bisa mendownloadnya via handphone dengan OS android (di Playstore) atau IOS (di Appstore). Sebagai K-Food lovers, saya pun gak mau ketinggalan untuk download aplikasi Korean Restaurant Guide di Ipad saya. Asli setelah dibuka, saya ngileeeeeeerrrr dengan foto-foto makanan yang ditampilkan, terutama Bibim bap, makanan Korea favorit saya.


Apa yang menarik?
Wah tentu banyak teman-teman. Ya, banyak sekali hal menarik yang dapat teman-teman peroleh setelah mengunduh aplikasi Korean Restaurant Guide di HP teman-teman. Saya gak bisa ngomong kalau gak punya bukti. Berikut bukti aplikasi Korean Restaurant Guide:Indonesia Malaysia yang sudah saya unduh melalui Ipad saya. Kata pertama yang bisa terucap, wow keren banget. Love it.
Disana banyak sekali informasi yang bisa teman-teman dapatkan, seperti misalnya:
  1. Menu "Home". Ada 2 pilihan yang bisa teman-teman pilih, Indonesia Jakarta atau Malaysia Kuala Lumpur. Pilih yang Indonesia Jakarta saja. Saat di klik maka akan muncul restaurant-restaurant Korea yang ada di Indonesia khususnya Jakarta. banyak sekali restaurant Korea yang bisa teman-teman pilih. Informasi tentang setiap restaurant-nya juga sangat lengkap mulai dari  keunggulan restaurant tersebut, menu favoritnya, alamatnya sampai dengan berapa anggaran (range) biaya kalau teman-teman makan disana. Jadi bisa menyesuaikan dengan kemampuan dompet kita. Selain itu, di Home teman-teman bisa klik di bagian "Style", nanti akan muncul tulisan BBQ, Family Style, Formal Dining dan Casual Style. Informasi didalamnya adalah teman-teman bisa memilih restaurant-restaurant Korea berdasarkan keinginan atau kebutuhan teman-teman. Mau makan yang bakar-bakaran, teman-teman bisa pilih yang BBQ, nanti akan muncul daftar restaurant Korea yang menghidangkan menu tersebut.Asyik kan?

  2. Menu "Search". Dimenu ini tak jauh berbeda dengan di menu home. Teman-teman bisa mendapatkan informasi nama-nama restaurant Korea yang ada di Jakarta (diurutkan berdasarkan abjad), informasi mengenai restaurant tersebut, menu-menu andalannya, ulasan dari artis yang pernah mencicipi makanan disana dan ditambah dengan informasi maps untuk menuju restaurant tersebut. Gak khawatir nyasar deh. :)
  3.  Menu "Maps". Tampilan dimenu ini adalah maps secara global alamat-alamat restaurant Korea yang ada di Indonesia khususnya Jakarta. Pilihannya banyaaaaak. Yuk melipir,
  4. Menu "Menu". Nah dimenu ini teman-teman saya jamin akan ngeces karena foto-foto makanan yang disajikan sangat menggoda keimanan untuk dicoba. Ditambah lagi dengan keterangan dari menu tersebut, bahan-bahan yang digunakan, cara memasaknya dan citarasanya. Semuanya diungkapkan dengan kata-kata yang benar-benar menggugah selera untuk mencobanya. Topokki dan Bibim bap benar menggoda untuk saya coba. Pengeeeeeeeennn.
  5. Menu "KFF". Dimenu ini teman-teman bisa mendapatkan informasi tentang apa itu KFF, Aplikasi KFF dibergagai negara (termasuk negara-negara di benua Eropa dan Amerika lho), website KFF, Facebook KFF dan Twitter KFF. Kompliiiiiiit. Kurang apa coba? Keren kan.
     
Promosi tentang KFF dan Korean Restaurant Guide di kantor
Teman-teman di kantor saya juga termasuk juga pecinta kuliner. Kami sering makan bersama diluar dan mencoba kuliner-kuliner baru di kota kami. Walaupun kami berkantor di Balikpapan, dan restaurant-restaurant yang di review di aplikasi Korean Restaurant Guide hampir semuanya berada di Jakarta, tapi saya tak berkecil hati untuk mempromosikannya. Biasanya kami sering ada tugas ke kantor pusat di Jakarta, jadi nanti kami bisa mampir dan makan di salah satu restaurant tersebut. Sebelum pergi, kami sudah punya banyak informasi tentang makanan-makanan Korea dan restaurant-restaurant favorit di Jakarta. 

Mereka juga sangat antusias mencari tahu tentang apa itu KFF dan kemudian mengunduh aplikasi Korean Restaurant Guide di HP mereka masing-masing. Jam istirahat siang kami asyik seru-seruan melihat aplikasi dan sharing informasi tentang Korean Restaurant Guide di HP kami masing-masing. Serunya lagi seandainya kami bisa makan siang bersama di salah satu restaurant tersebut dan foto-foto narsis disana hari ini. Sementara membayangkan saja dulu ya, nanti pas tugas ke Jakarta langsung meluncur ke TKP :)




Ayoooo teman-teman, untuk kamu pecinta kuliner, dan khususnya kamu K-Lovers kamu harus download aplikasi Korean Restaurant Guide ini di HP kalian, caranya mudah bingittssss dan dijamin gak akan rugi. Banyak informasi tentang kuliner khas Korea yang bisa kamu dapatkan disana. Senangnya bisa berbagi :)

Sukses untuk KFF dan Indonesian Food Blogger untuk challenge kali ini. Senang bisa memeriahkan dan berbagi informasi. Dangsingwa haeng-un-eul jusyeoseo gamsahabnida :)
 


10 comments:

  1. Wow..makasi Mba..

    Regards,
    Indonesian Foodblogger group
    Http://indonesianfoodblogger.com

    ReplyDelete
  2. Makasih mbak Andrie Anne dan mbak Dini. Ayooo... unduh aplikasinya :D

    ReplyDelete
  3. wahhhhh ciamik nih infonya mbaaa..
    gamsahabnidaaaa

    ReplyDelete
  4. Baru tau ada aplikasi yang keren dan user friendly gini. Makasih mbak infonya...

    ReplyDelete
  5. Aplikasi yang full dg gambar masakan yang menggugah selera..lokasi restonya.. jd laper dan pengen langsung berangkaattt.. tks infonya, mbak.. :)

    ReplyDelete
  6. Aplikasinya keren. Ayo yang belum pernah coba masakan korea, aplikasi wajib ini biar nggak salah pesan. Kayak kami waktu pertama kali ke resto korea, bingung sama menu-menunya, hahaha.

    Download dulu aplikasinya ya mba, makasih infonya :)

    ReplyDelete
  7. Mbak Rista: Iya keren lho mbak aplikasinya, ayo di unduh, banyak info ttg kuliner korea dan restaurant2 koreanya di Jakarta :)

    Mas Sony: Sudah di unduh kan? gak rugi deh. All about Korean Food ada disana :)

    Bu Nawang: Laper kan bu ngeliatnya, awas ngiler. hihihi... tenang bu, resto nya masih beberapa jam lagi baru buka. Siap2 meluncur :D

    Meo: gimana pengalaman kemaren makan makanan korea di salah satu resto tersebut kemaren? gak nyesel kan ngga? Selamat mengunduh aplikasinya :D

    ReplyDelete
  8. aplikasinya lengkap, cocok buat yang doyan makan kayak saya, hehe
    cari di playstore dulu ah...

    ReplyDelete
  9. wow, lengkap bgt yah reviewnya...
    Dedy@Dentist Chef

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...