Ikan Salai Masak Santan

Tuesday, March 10, 2015 | me |


Bismillah.
Sudah agak lama rasanya saya gak bikin-bikin kue ya teman-teman. Akhir pekan saya hanya masak yang simpel-simpel saja. Maklum saja sekarang dirumah sedang tak ada si mbak yang membantu saya, jadi semua urusan beres-beres rumah, guest house dan kerja saya tangani sendiri. Baru terasa capeknya kalo gak punya asisten rumah tangga. Saya jadi galau karena gak bisa baking yang rempong-rempong. hiksss....

Akhir pekan kemaren saya masak Ikan Salai Masak Santan. Yang ini adalah menu favorit saya, ikan salai (Ikan Asap). Yup... ikan salai itu sangat familiar bagi orang melayu seperti saya. Di kampung saya Pontianak, ikan sering diolah dengan cara di salai (diasap) dengan tempurung kelapa. Bermacam jenis ikan yang dapat diolah menjadi ikan salai, baik itu ikan sungai ataupun ikan laut. Jenis ikan sungai yang sering dijadikan ikan asap adalah ikan Lais dan ikan Baung. Pernah dengar? hehehe... ikan jenis ini sudah mulai langka sekarang teman, untuk 1 kilogram harganya bisa sampai Rp 200.000 lho, mahaaaal. Kalau ikan laut yang biasa dijadikan ikan salai adalah ikan pari, manyung dan ikan cucut. Di Balikpapan yang ada hanya salai ikan cucut atau pari saja.
Ikan salai ini bisa dimasak dengan berbagai bumbu sesuai selera lho teman. Mau dimasak gulai bisa, asam pedas juga bisa, atau dimasak santan biasa yang sederhana bumbunya juga oke koq. Kemaren ikan salai ini saya masak santan biasa saja, kuahnya putih. Semacam mangut kali ya, tapi dengan rasa melayu. Sedapnyeeee :)

Ikan Cucut Salai Masak Santan
Bahan:
8 potong ikan cucut salai, cuci bersih,tiriskan
1200 cc santan dari 1 buah kelapa ukuran sedang
3 buah cabe merah besar iris serong (saya pakai 6 buah cabe keriting)
4 lembar daun salam
4 lembar daun jeruk purut
5 cm lengkuas memarkan
2 batang serai memarkan
1-2 buah asam kandis
2 sendok makan minyak sayur untuk menumis bumbu
Garam dan penyedap rasa secukupnya

Bumbu halus:
8 buah bawang merah
4 siung bawang putih
3 buah kemiri
2 cm kunyit
4 cm kencur

Cara membuat:
  1. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan daun salam, daun jeruk purut, lengkuas dan serai, tumis hingga layu. Lalu masukkan santan, aduk-aduk sampai mendidih dan jangan sampai santannya pecah.
  2. Masukkan ikan, dan asam kandis. Masak hingga santan mengental, lalu masukkan irisan cabe merah. 
  3. Masak hingga matang. Angkat dan sajikan.





1 comment:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...