Pie Nanas

Sunday, March 15, 2015 | me |
Bismillah.
Saya gak ada bosannya dengan nanas, i love this fruit. Apalagi Balikpapan buah nanas ini gampang sekali ditemukan dan harganya murah, ukuran gede aja paling mahal Rp 7.000,- saja, murah kan teman. Nanas ini mau diolah jadi apapun menurut saya tetap enak. Dimasak pindang dengan ikan enak, dibuat paceri nanas juga enak, apalagi dibikin kue nastar atau pie,wah enak sekali, wangiiiii. Kemaren saya ngiler lihat blognya mbak Hesti yang posting Pie Nanas, jadi terinspirasi deh buat bikin juga  :)

Pie Nanas (Resep dari buku Baking: The Essential Companion- Alison Thompson)

Bahan Crust:
225 gram tepung terigu
70 gram gula dusting/gula halus
110 gram butter
2 butir kuning telur
1 sendok makan air es
1/2 sendok makan extract milk

Bahan Isi:
1 buah nanas, potong-potong
150 gram gula pasir
2 batang kayu manis
50 ml air
2 sendok makan maizena + 1 sendok makan air (untuk mengentalkan isian)

Cara membuat:
  1. Campur tepung dan gula halus dan extract milk sampai rata, masukkan butter/margarine, aduk dengan pastry blend atau dengan ujung-ujung jari sampai rata (berbutir-butir). Tambahkan kuning telur, aduk dengan pastry blend atau ujung-ujung jari sampai rata dan berbutir-butir (lihat contoh gambar disini), lalu tambahkan air es, aduk sampai menyatu dan menggumpal. Bungkus dengan plastik, lalu simpan di kulkas selama 2 jam sebelum digunakan.
  2. Keluarkan dari kulkas, giling adonan dan pindahkan ke loyang pie, ratakan. Tusuk-tusuk bagian dasar pie dengan garpu. Panggang selama 10 menit dengan suhu 175' celcius sampai berwarna  keemasan. Angkat dan dinginkan. 
  3. Masukkan isian ke dalam kulit pie yang sudah dingin, ratakan. Panggang lagi selama kurang lebih 10-15 menit dengan suhu 175' celcius. Angkat dan sajikan.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...