Brandy Snaps

Friday, April 03, 2015 | me |

Bismillah.
Bulan Januari lalu saya kedatangan tamu yang menginap di Rina Guest House dari United Kingdom (UK) tepatnya dari Canterbury Kent, Sophie Douch namanya. Sophie sangat ramah dan banyak bercerita tentang negaranya dan kamipun ternyata punya kesamaan hobi yaitu memasak dan membuat kue. Di Canterbury Kent Sophie bercerita kalau orangtuanya juga memiliki usaha guest house dan adiknya Ellie sering membuat kue-kue untuk para tamu mereka. Pernah suatu kali, ada seorang tamu special yang menginap di guest mereka yaitu Orlando Bloom dan Ellie membuatkan cookies untuk tamu tersebut. Cookiesnya sangat disukai Orlando. Tapi sayangnya mereka tak tahu bahwa yang menginap di guest house mereka adalah seorang aktor kelas dunia (karena menyamar) dan baru mengetahuinya setelah Orlando check out dari guest house mereka. Hihihi... 

Dari cerita Sophie saya jadi penasaran ingin tahu lebih jauh tentang kue-kue tradisional khas UK yang masih disukai hingga saat ini. Kemaren saat lihat-lihat buku resep Dessert dari Peri Plus saya tertarik dan salah satu snack yaitu Brandy Snaps. Brandy Snaps ini ternyata dari UK. Wah saya jadi penasaran membuatnya. Iseng-iseng ah belajar bikin... eh ternyata enak lho. Karamelnya saya suka.

Persiapan membuat brandy snaps ini memang sedikit memakan waktu, (padahal membuat kuenya gak lama koq) terutama untuk membuat "Golden Syrup", yaitu sirup gula karamel gitu. Nah kemaren saya bikinnya seminggu sebelum membuat brandy snaps. Trus saya simpan di toples kaca, biar awet dan bisa dipakai kapan-kapan. Resepnya saya lihat dari youtube (klik disini). Kenapa seminggu sebelumnya? hehehe... karena saya bekerja teman-teman, mau baking itu selalu maju mundur kalo pas hari kerja. Jadinya saya cicil aja menyiapkan bahan kuenya.

Buat teman-teman yang pengen nyoba, monggo lho ya, gampang koq membuatnya. Berikut resepnya dari "Delicious Desserts" Peri Plus yang sedikit saya modifikasi:

Bahan:
60 gram butter
2 sendok makan golden syrup
50 gram gula palem
50 gram tepung terigu 
1 1/2 sendok teh jahe bubuk

Isian/Celupan:
100 gram dark cooking cokelat untuk celupan
200 ml whipped cream, dimixer (untuk isian)

Cara membuat:
  1. Panaskan oven dengan api bawah suhu 180' C. Siapkan loyang kue kering yang sudah dialasi dengan kertas parchment(semacam kertas roti, anti lengket)
  2. Dalam sebuah panci kecil, masukkan butter, golden syrup, dan gula palem. Masak dengan api yang sangat kecil sampai butter meleleh dan gula larut. Sambil terus diaduk, hati-hati jangan sampai gulanya hangus. Angkat dan dinginkan.
  3. Masukkan terigu dan jahe bubuk ke dalam panci tadi sambil diayak. Aduk perlahan hingga semua bahan tercampur rata.
  4. Ambil 1 sendok makan adonan, letakkan di atas loyang yang sudah dialasi kertas parchment. Ratakan/pipihkan dengan sendok hingga tipis (kurang lebih diameter 8cm)
  5. Ambil lagi 1 sendok makan adonan tadi, letakkan diatas loyang, beri jarak agak jauh. Karena saat di panggang, brandy snaps masih akan terus melebar. Dalam 1 loyang cukup taruh 3-4 saja.
  6. Panggang selama kurang lebih 6 menit atau sampai teksur brandy snaps-nya berlubang-lubang.
  7. Angkat, biarkan brandy snaps diloyang sampai kurang lebih 30 detik, lalu angkat dari loyang, gunakan sutil kecil. dalam keadaan masih hangat, segera gulung brandy snaps dengan gerakan cepat. Sisihkan hingga dingin.
  8. Ulangi langkah 4 s.d. 8 hingga adonan habis.
  9. Setelah dingin, brandy snaps dapat diisi dengan whipped cream atau dicelupkan dalam dark cooking cokelat yang sudah dilelehkan.
  10. Jika suka, terakhir bisa diberi taburan gula bubuk atau bubuk kayu manis.
Tips: Membuat brandy snaps ini harus dilakukan dengan cepat, terutama setelah diangkat dari oven, karena jika sudah mulai dingin, brandy snaps akan mengeras dan tak bisa digulung lagi.


2 comments:

  1. Bentuk gulungannya iya mbak, tapi tekstur, rasanya beda banget. Makasih dah mampir dimari ya mbak Winda. Salam kenak :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...