Mie Sagu goreng khas Pontianak

Monday, June 22, 2015 | me |

Bismillah.
Bulan Ramadhan telah tiba, semua umat muslim bersuka cita menyambutnya. Alhamdulillah diberikan umur untuk merasakan nikmatnya ibadah dibulan yang penuh rahmat dari Allah. Terkait bulan Ramadhan, biasanya setiap keluarga biasanya punya kebiasaan yang dari tahun ketahun tak pernah ditinggalkan atau selalu dilakukan setiap Ramadhan. Apa ni kebiasaan keluarga teman-teman yang selalu ada di bulan Ramadhan? Kalau di keluarga saya, kami selalu membuat makanan-makanan khas yang biasanya hanya kami hidangkan saat bulan ramadhan, salah satunya adalah mie sagu goreng.

Mie sagu goreng adalah salah satu makanan khas kota kelahiran saya, Pontianak yang sangat populer, namun sudah mulai langka, jarang ada yang jual. Biasanya dibulan ramadhan, ada aja yang menjual mie ini, di warung-warung juadah di Pontianak. TIdak heran kenapa mie ini jarang yang menjual, karena cara membuat mie ini lumayan rumit alias rempong teman-teman. Salah-salah ngadon, bisa gak jadi. Saya saja kalau gak didampingi mamak saat nguleni adonan mie-nya, juga gak bisa. Tapi kalau sudah bisa, gampang koq selanjutnya. Oiya, mie sagu ini, selain bisa dibuat mie goreng, mie kuah, juga bisa koq dibikin cendol sagu. Tinggal campur gula merah dan santan, jadi deh.

Mie sagu goreng ini enaknya dimasak dengan sayur kucai dan tauge, plus kriuk-kriuknya bisa dikasi ikan teri jengki asin goreng atau udang ebi goreng plus kacang tanah (jika suka) dan tak lupa sambal cabe rawit, jeruk dan kecap asin juga kecap manis.

Berikut saya sertakan juga tutorial membuat mie sagu ini ya teman-teman, (hampir sama/mirip dengan membuat cendol sagu) semoga gak membingungkan dan mudah dipraktekkan. Memang membuat mie ini agak sedikit rumit dan "cerewet" jika tidak dilakukan dengan benar. Terutama pada saat menguleni. Pastikan adonan pengental/biang harus dalam kondisi benar-benar panas saat dicampur dengan tepung sagu. Resep berikut adalah 1 resep mie sagu versi kecil, jadinya bisa untuk 5-6 porsi mie sagu goreng :)


Bahan biang/pengental (A):
100 ml air
3 sendok makan tepung sagu yang dilarutkan dengan dengan 5 sendok makan air


Bahan Mie (B):
350 gram tepung sagu

Cara membuat mie sagu:

  1. Siapkan tepung sagu 350 gram didalam sebuah mangkuk besar untuk nantinya digunakan untuk mengulen.
  2. untuk adonan biang: dalam panci kecil, panaskan 100 ml air sampai mendidih, lalu masukkan larutan tepung sagu. Aduk sampai mengental, matikan.
  3. Dalam kondisi masih panas-panas, tuangkan adonan biang/ sagu kental tadi ke dalam tepung sagu secara bertahap, sambil terus diuleni sampai rata dan menyatu. Patokannya adalah sampai adonan tadi dapat dikepal/dibulatkan dan saat diletakkan dipapan penggilingan adonan yang sudah dibulatkan tadi tidak melebar.
  4. Giling adonan diatas papan penggilingan yang sudah ditaburi tepung sagu tipis (saya tidak menyarankan untuk menggunakan ampia untuk menipiskan mie ini), lalu giling bulatan adonan tadi sampai tipis, kurang lebih 0,3 s.d 0,5 cm.
  5. Kemudian potong-potong mie sagu. untuk ukuran panjang mie, semuanya tergantung selera teman-teman, saya sendiri panjang mie-nya kurang lebih 5cm saja
  6. Sisihkan mie yang sudah dipotong2 tadi, jangan lupa  taburkan tepung sagu agar mie tidak saling lengket.
  7. Dalam panci besar, masak air hingga mendidih, lalu masukkan potongan mie tadi. Masak hingga mie matang dan mengapung, angkat.(lihat gambar)
  8. pindahkan mie kedalam mangkuk besar yang telah diisi dengan air dingin mateng. diamkan mie beberapa jam hingga mengembang dan siap digunakan.
Berikut foto langkah-langkah membuat mie sagu:











Resep Mie Sagu Goreng

Bahan:
Mie sagu yang sudah siap digunakan
200 gram tauge, bersihkan
1 ikat daun kucai, potong-potong
1 sendok teh merica bubuk
minyak goreng secukupnya
garam dan penyedap rasa secukupnya
air secukupnya (untuk sedikit kuah/basah)

Bumbu halus:
6 siung bawang putih
3 buah bawang merah

Bahan pelengkap:
100 gram ikan teri jengki asin, digoreng
100 gram kacang tanah, digoreng
bawang goreng
sambal cabe rawit
kecap manis
Jeruk nipis


Cara membuat:

  1. Tumis bumbu halus sampai harum dan berubah warna, masukkan tauge dan daun kucai, masak sebentar hingga agak layu, lalu masukkan mie sagu, aduk hingga bumbu tercampur rata.
  2. Tambahkan sedikit air, agar mie jadi sedikit basah, tambahkan garam dan penyedap rasa secukupnya. Masak hingga matang. Angkat.
  3. Sajikan bersama taburan ikan teri jengki, kacang tanah goreng, bawang goreng, dan bahan pelengkap lainnya.




2 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Yang Berada di luar daerah Kab.Meranti
    Yang Mau Order Mie Sagu.. Cek disini Ya
    http://miesagu.suckittrees.com/

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...