Zuppa Soup Ayam Sosis dengan Lock & Lock Oven Glass

Saturday, July 11, 2015 | me |


Bismillah.
Masih bereksperimen dengan Lock & Lock Oven Glass ni teman-teman. Kalau kemaren saya udah nyobain bikin lasagna, kali ini saya nyobain bikin Zuppa Soup dengan Lock & Lock Oven Glass. Wah kayak apa ya jadinya, biasanya kan bikin zuppa soup dengan mangkuk dari bahan fine porcelain, nah kali ini saya coba pake Lock & Lock Oven Glass yang terbuat dari bahan heat resistant glass yang benar-benar aman digunakan dengan temperatur sangat tinggi sekalipun. Ternyata hasilnya sangat memuaskan koq teman-teman. Praktis, 1 mangkuk zuppa soup bisa untuk berdua dengan suami. Disajikan untuk berbuka puasa, anget-anget makan semangkuk zuppa soup berdua, romantis ya hihihi.....

Oiya, sedikit info tentang keunggulan produk ini ya teman-teman, secara keseluruhan bahan heat resistant glass yang dipakai adalah Borosilicate yang memiliki 5 keunggulan sebagai berikut:


Tidak pecah sendirinya karena perubahan suhu
Lock & Lock Oven Glass aman dari pecah tiba-tiba meskipun pada suhu tinggi, kecuali jika mendapatkan tekanan dari luar.



Bisa digunakan dalam microwave, oven dan freezer
Bahan heat resistant glass aman digunakan baik pada suhu tinggi maupun pada suhu rendah sekaligus.



Berat lebih ringan dibandingkan tempered glass
Meskipun terbuat dari heat resistant glass yang cukup tebal, Lock & Lock Oven Glass tidak berat, bahkan lebih ringan 10% dibandingkan bahan tempered glass. Sehingga tidak akan menyebabkan pergelangan tangan kita nyeri ketika mengangkatnya dari dalam oven.



Suhu pada permukaan lebih rendah setelah digunakan dalam microwave ataupun oven
Hal ini disebabkan karena Lock & Lock Oven Glass mempunyai nilai permitivitas (yaitu kemampuan suatu benda dipengaruhi oleh medan listrik) yang rendah ketika digunakan didalam microwave ataupun oven.



Tetap bening meskipun disimpan dalam waktu lama
Hali ini disebabkan bahan Borosilicate mempunyai rasio Sodium oksida yang rendah, sehingga meskipun sering dicuci-pakai ulang bahan glass-nya tetap bening.


Segel silikon yang sangat kuat
Satu lagi nih keunggulan tambahan Lock & Lock Oven Glass, yaitu penutupnya terbuat dari silikon yang kuat, sehingga wadah menjadi kedap udara. 




Udah penasaran sama resep zuppa soup-nya? Berikut resepnya ya teman-teman:

Bahan-Bahan:
1 lembar frozen puff pastry siap pakai (simpan disuhu ruang sebelum digunakan)
3 sendok makan butter/margarine
2 sendok makan tepung terigu
3 siung bawang putih, cincang
1/2 buah bawang bombay, potong kotak
2 buah sosis ayam, potong kotak
100 gram daging ayam fillet, potong kotak
600 ml susu cair
300 ml air
3 sendok makan keju cheddar parut
1 sendok makan maizena (dilarutkan dengan sedikit air)
2 sendok teh bubuk kaldu ayam
1 sendok teh lada bubuk
garam secukupnya

Bahan Polesan:
1 buah kuning telur

Cara memasak:
  1. Panaskan butter dengan api sangat kecil sampai meleleh, lalu masukkan tepung terigu sambil terus diaduk hingga rata dan tidak menggumpal, lalu masukkan bawang bombay dan bawang putih, tumis sampai harum.
  2. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk, masukkan susu cair dan larutan tepung maizena, aduk rata.
  3. Terakhir masukkan potongan sosis ayam dan daging ayam fillet, lada bubuk, kaldu bubuk dan garam. Masak hingga mendidih, matikan api.
  4. Masih dalam suhu panas-panas, tuang soup kedalam mangkuk Lock & Lock Oven Glass, jangan sampai penuh cukup setengahnya saja. Lalu tutup dengan puff pastry sesuai ukuran mangkuk dan sedikit dilebihkan. Tekan-tekan bagian pinggir mangkuk, supaya pada saat dipanggang puff pastry-nya tidak terbuka.
  5. Oles puff pastry dengan kuning telur.
  6. Panaskan oven terlebih dahulu dengan suhu 200 celcius, setelah 10 menit lalu masukkan zuppa soup tadi dan panggang selama kurang lebih 20 menit atau sampai puff pastry-nya berwarna emas kecoklatan. Angkat, sajikan selagi hangat.




No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...