Simpel Sushi Halal

Tuesday, August 11, 2015 | me |

Bismillah.
Saya adalah pecinta masakan jepang, terutama sushi. Jaman dulu waktu masih belum tahu kalau ada bahan dari sushi yang tidak halal karena mengandung alkohol misalnya cuka beras yang digunakan dalam campuran nasi sushi dan mirin yang biasa digunakan sebagai campuran saus cocolan sushi, saya sering sekali makan ke restoran jepang, menikmati 2 sampai 3 jenis sushi, sendirian hehehehe. Namun sekarang karena was was kalau makan sushi di restoran, mau gak mau saya harus belajar membuat sushi sendiri. Mulai dari nyari beras jepang yang lumayan susah didapat di Balikpapan dan kalaupun ada harganya bikin lumanyun alias mahal. Trus nyari nori yang khusus buat sushi juga gak mudah, tapi untungnya ada supermarket yang baru buka di Balikpapan dan lumayan banyak menjual bahan makanan impor jadi saya bisa menemukan nori disana. 

Untuk isian sushinya saya pakai yang simpel saja yaitu crab stick, timun jepang dan telur dadar. Nah karena saya bilang ini adalah sushi halal, maka untuk cuka beras saya ganti dengan air jeruk lemon. Berikut resepnya, selamat mencoba.

Perlengkapan:
Makisu/sushi mat (tikar bambu untuk menggulung sushi)

Bahan Nasi:
400 gram beras jepang
500-600 ml air 
2 sendok makan air jeruk lemon/nipis
2 sendok makan gula
1 sendok teh garam
Nori untuk sushi

Bahan Isi:
1 buah timun jepang, kupas, potong kurleb ukuran 1x10cm
6 buah crab stick, kukus sebentar, belah dua.
Telur dadar, potong dengan ukuran lebar 1 cm

Bahan Pelengkap:
Kecap asin
Thousand Island atau mayonaise.


Cara membuat nasi sushi:
  1. Cuci beras hingga bersih, tiriskan. Siapkan rice cooker, masak beras dengan air hingga matang.
  2. Dalam mangkuk kecil, campur air jeruk lemon, gula dan garam. Aduk hingga gula dan garam larut.
  3. Selagi nasi masih panas, masukkan campuran air jeruk lemon, gula dan garam tadi ke nasi sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk dengan sendok plastik atau kayu hingga tercampur rata. Tekstur nasinya agak menggumpal, lembab dan lengket. Supaya nasi tidak beruap, saat mengaduk nasi tadi sambil dikipas-kipas. Sisihkan nasi.

Cara membuat/menggulung sushi:
  1. Siapkan Makisu, lapisi dengan plastik cling wrap supaya nasinya nanti tidak lengket di makisu.
  2. Ambil selembar nori, letakkan diatas makisu. Jika ingin nori berada dibagian luar sushi, maka saat meletakkan nori di makisu, bagian nori yang kasar menghadap ke atas.
  3. Ambil nasi kurang lebih dua sendok nasi, lalu ratakan/tipiskan nasi ke seluruh permukaan nori dengan menggunakan sendok nasi yang dibasahi air atau menggunakan tangan yang sudah dicelupkan air agar nasi tidak lengket ditangan. 
  4. Tata bahan isian: potongan timun, crab stick, telur dadar. rapikan.
  5. Gulung sushi sambil dipadatkan sebelum membuka gulungan.
  6. Potong-potong sushi ukuran 1,5 cm dengan pisau yang dicelupkan air terlebih dahulu agar tidak lengket dan sajikan dengan bahan pelengkap.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...