Lapis Prunes Pandan

Wednesday, September 02, 2015 | me |

Bismillah.
Sebenarnya kue lapis legit prunes pandan ini saya buat untuk hidangan kue/cake idul fitri kemaren, namun baru sempat saya share resepnya sekarang karena setelah libur Idul Fitri kemaren langsung disibukkan dengan "marathon" diklat, pekerjaan di kantor dan banyak tugas extra salah satunya adalah jadi trainer 4 kelas prajabatan dan mentor 26 orang CPNS dan mahasiswa. Biasanya sabtu minggu saya bisa santai dan bikin-bikin kue, tapi bulan Agustus dan awal September ini weekend saya diisi dengan lembur dikantor ataupun koreksian laporan PKL dan laporan aktualisasi 26 anak tersebut. Hihihi...lupakan soal curhatan saya ini ya teman, masalahnya cukup disaya aja, jangan ikutan mikir ya :P

Kue lapis ini rasanya benar-benar enak teman-teman, legit, asam manis dari prunesnya dan wangi butter/mentega. Alhamdulillah kuenya laris manis lebaran kemaren. Berikut resepnya ya teman-teman, selamat mencoba.

Alat-alat:
Loyang segi 4 ukuran 20 cm x 20 cm x 9 cm
Kertas parchment atau kertas roti
Alat penekan (setrika) kue lapis
4 buah mangkuk kecil


Bahan:
600 gram kuning telur
3 butir putih telur
500 gram butter
300 gram gula halus
4 sendok makan susu kental manis
150 gram tepung terigu protein sedang
1 pack buah prunes dipipihkan dengan dialasi plastik terlebih dahulu
pewarna makanan warna kuning
pasta pandan


Cara membuat:
  1. Siapkan loyang, oles dengan margarine, kemudian alasi dasarnya dengan kertas roti atau parchment dan olesi dengan margarine lagi. Sisihkan
  2. Kocok mentega, gula, susu sampai mengembang dan putih. Matikan mixer sisihkan.
  3. Dalam wadah baru, Kocok kuning telur dengan mixer dengan kecepatan maksimum sampai kental kurang lebih 10 menit sampai agak sampai putih, patokannya ketika kocokan mixer diangkat, adonan telur berbentuk lipatan/berlipat. Matikan mixer.
  4. Campur adonan telur kedalam adonan mentega, aduk rata secara perlahan dengan menggunakan spatula atau whisk balloon. Cara mengaduk: aduk balik (dari bawah Ke atas).
  5. Tambahkan terigu sambil diayak, aduk rata lagi (aduk balik).
  6. Siapkan 4 buah mangkok kecil, tuangkan masing-masing 100 gram adonan ke dalam setiap mangkok. Sisihkan.
  7. Berikan kurang lebih 2-3 tetes pewarna kuning ke dalam 3 mangkok, aduk hingga rata, sisihkan.
  8. Berikan kurang lebih 3-4 tetes pasta pandan ke dalam 1 mangkok terakhir, aduk hingga rata, sisihkan.
  9. Panaskan oven dengan api atas (api kecil s.d. sedang saja), selama kurang lebih 10 menit terlebih dahulu.
  10. Lapisan kuning (3 lapis): Tuangkan adonan kedalam loyang, ratakan. Panggang hingga kecoklatan (kurleb 3-5 menit). Angkat, tuangkan lagi adonan lapis ke 2, panggang dan ulangi hingga lapisan  ketiga.
  11. Lapisan Hijau (1 lapis): tuangkan adonan hijau, ratakan lalu tata buah prunes diatasnya sebanyak 3 baris (3 buah untuk setiap baris), panggang.
  12. Ulangi langkah ke 10 s.d 11. Untuk lapisan terakhir adalah lapisan warna hijau.
  13. Tips: Setiap 1 lapisan matang kemudian diangkat, sebelum dituang adonan berikutnya, tekan-tekan kue dengan setrika kue lapis yang telah diolesi margarine. Fungsinya supaya kue lapisnya rata garisnya saat dipotong.




1 comment:

  1. Terimakasih, postingan-nya sangat bagus sekali. Senang sekali berkunjung ke blog anda. saya bantu share ya gan? semoga dapat bermanfaat buat kita semua. Amin :D :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...