Resep Asinan Betawi

Sunday, October 18, 2015 | me |





Bismillah
Merantau itu mengajarkan saya banyak hal. Saya bersyukur bisa merasakan susah senangnya jadi perantau di ibu kota Jakarta selama 3 tahun, dan sendirian pula. Wah koq berani mbak Amel sendirian di Jakarta? hehehe... tak jarang pertanyaan tersebut ditanyakan saudara, sahabat dan rekan-rekan. Ya, jawabnya simpel aja, ya bagaimana lagi pekerjaan saya disini. Dijalani aja dengan ikhlas dan suka cita, kapan lagi kan bisa jadi warga ibu kota, kerja di salah satu unit kerja yang paling bergengsi di negeri ini dan menyerap banyak ilmu dan pengalaman, merasakan hiruk pikuk dan penatnya tinggal di kota besar, dan bisa menjamah mal-mal super lengkap dan keren dan juga kulinernya yang beraneka ragam. 

Kalau ditanya kuliner khas Jakarta yang paling saya sukai apa, pasti jawaban saya Asinan Betawi pada pilihan pertama dan Kerak Telor untuk pilihan kedua. Selain itu? Hmmm... cuma dua itu saja yang paling saya sukai dan paling saya rindukan saat tak tinggal di Jakarta lagi. Di Balikpapan setahu saya gak ada deh yang jual Asinan Betawi, trus kalo kepengen gimana dong? Ya... ngiler aja deh, atau bikin sendiri kalau mau bersusah payah, hihihi. Kepengennya makan Asinan Betawi kali ini rasanya udah sampai ke ubun-ubun deh teman-teman. Yuk ah cusss kita bikin dari pada ngeces. Untungnya untuk bahan-bahan seperti sawi asin bisa ditemukan disini, yang gak ada cuma satu yaitu kerupuk mie. Hikzzz... keliling ke pasar induk Pandan Sari juga gak nemu. Ya... diganti kerupuk biasa saja jadinya. Resep aslinya dari Majalah Sedap Edisi Oktober 2015, namun sedikit saya modifikasi dengan menambahkan bawang putih goreng, selamat mencoba.


Bahan-Bahan:
1 ikat daun selada
250 gram sawi asin, potong-potong dan rendam dalam air
1 batang wortel, diserut dan rendam dalam air
200 gram kol, diserut dan rendam dalam air
200 gram tauge, rendam dalam air
1 buah timun, potong-potong
200 gram mie kuning, rendam sebentar dengan air panas, tiriskan
4 buah tahu bandung kuning, potong kotak-kotak
1 bungkus Kerupuk mie (saya pakai kerupuk biasa)
100 gram kacang tanah goreng, jangan kupas kulitnya

Bahan saus kacang:
Bumbu yang dihaluskan:
250 gram kacang tanah goreng
2 sendok makan udang ebi, sangrai
3 siung bawang putih iris, goreng
4 buah cabe merah besar, buang bijinya
==============================
Air secukupnya (kira-kira saja sausnya jangan terlalu kental tapi tidak juga terlalu encer)
Gula merah secukupnya
2 sendok makan cuka makan (bisa diganti dengan air asam jawa secukupnya)
Garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Masak bumbu halus dengan air sampai mendidih, tambahkan gula merah, cuka makan dan garam secukupnya. Cicipi, jika suka lebih manis dan asam tambahkan gula merah dan cuka. Angkat, dinginkan.
  2. Tata sayur selada dan sayuran lainnya bersama mie, tahu dan kacang tanah. Tuangkan saus kacang diatasnya, dan beri kerupuk. Sajikan.




No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...