Sop Buntut

Saturday, October 03, 2015 | me |

Bismillah.
Idul qurban baru saja berlalu ya teman-teman. Alhamdulillah saya kebagian berkahya juga, dikasi sama tetangga 4 ekor/buntut sapi. Ya Allah... bagai ketiban rejeki gede, hehehe... karena saya sekeluarga memang penggemar sop buntut sapi, apalagi suami saya. 4 ekor/buntut sapi tersebut oleh mama saya diolah lagi dengan cara dibakar bulu kulitnya lalu kemudian dikerik sampai bersih dan hilang bulu-bulu serta hangusnya. Jadi buntut-buntut tersebut masih dengan kulitnya teman-teman, beda dengan buntut-buntut sapi yang dijual dipasar atau supermarket, dimana kulitnya sudah tidak ada lagi. Keunggulan buntut yang masih ada kulitnya ini menurut saya lebih enak, pas dimakan ada kenyel-kenyel dr kulitnya. 

Sabtu kemaren atas request suami tercinta, jadilah saya membuat sop buntut ini. Tinggal keluarin stok buntut dari freezer, trus direbus dan dibuang air rebusan pertama dan kemudian direbus lagi sampai lunak. Berikut resepnya.

Sop Buntut 

Bahan:
1 kg gram buntut/ekor sapi
2,5 liter air untuk merebus (jika kurang bisa ditambah)
200 gram kentang (rebus terpisah, potong kotak)
200 gram wortel( rebus terpisah, potong kotak) --> kemaren saya gak pake, stok kosong
2 buah tomat, potong kotak
Daun bawang secukupnya (saya pakai yang ukuran kecil) potong-potong
1 ruas jahe, iris-iris
1/2 sendok teh pala bubuk
1 sendok teh merica bubuk
1 batang kayu manis
3 buah cengkeh (kemaren saya gak pake)
4 biji kembang pekak
Garam secukupnya
Bubuk kaldu sapi 2 bungkus

Bumbu Halus:
4 buah bawang merah
6 siung bawang putih

Bahan Pelengkap:
Kerupuk emping
Bawang goreng
Daun seledri yang dicincang halus
Sambal cabe rawit
jeruk nipis

Cara membuat:
  1. Cuci bersih buntut sapi, lalu rebus dengan sedikit air saja dahulu sampai mendidih, lalu buang semua air rebusan pertama yang masih keruh.
  2. Rebus kembali buntut dengan banyak air, tambahkan jahe, kayu manis dan kembang pekak, kemudian rebus hingga empuk.
  3. Tumis bumbu halus sampai harum, lalu tuangkan bumbu kedalam rebusan buntut tadi. 
  4. Tambahkan bubuk pala dan merica. Tambahkan daun bawang, garam dan bubuk kaldu instant. Masak sampai mendidih lalu matikan.
  5. Sajikan sop buntut dengan potongan kentang rebus, wortel rebus dan tomat. Jangan lupa juga dengan bahan-bahan pelengkap lainnya.













No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...