Hummingbird Cake with Cream Cheese Frosting

Wednesday, December 09, 2015 | me |


Bismillah.
Kue ini saya buat pada 24 Oktober 2015 yang lalu namun baru sempat di posting di blog sekarang. Ala-ala barat ya judulnya. Iya karena saya nyontek resepnya dari buku Alison Thompson - BAKE The Essential Companion. Soal sejarah kue ini asalnya dari mana dan koq bisa namanya Hummingbird, teman-teman bisa baca ulasannya Jamie Oliver disini.

Sebenarnya ada dua bahan kunci yang menjadi khas dari Hummingbird Cake ini, yaitu Pisang dan Nanas. Hiks... tapi sayangnya karena waktu itu saya gak punya stok nanas, jadi saya skip dan hanya menggunakan pisang saja. Jadi Cake pisang dong? :P Oiya... kalau kata mbak Alison Hummingbird Cake ini enak jadi teman minum teh di sore hari (tea time ala-ala Inggris gitu lah ya, hehehe). Berikut resepnya.

Hummingbird Cake

Bahan-Bahan:
225 gram tepung terigu
450 gram gula pasir (saya pakai 300 gram saja)
3 buah pisang cavendish matang sekali, haluskan
250 gram buah nanas kalengan/segar, cincang agak halus
250 ml minyak goreng
3 butir telur
100 gram kacang walnuts cincang (saya pakai almond cincang)
1 sendok teh vanila
1 sendok teh baking soda
1 sendok teh bubuk kayu manis
1 sendok teh garam

Cream Cheese Frosting: (saya pakai 1/2 resep)
125 gram butter (unsalted)
250 gram cream cheese
2 sendok teh vanila
600 gram gula halus


Cara membuat:
  1. Panaskan oven dengan suhu 150 derajat celcius. siapkan loyang segi empat atau loyang lain sesuai selera. Olesi loyang dengan margarine, sisihkan.
  2. Ayak tepung, baking soda, dan bubuk kayu manis didalam mangkuk besar. Kemudian tambahkan gula, kacang almond cincang, aduk hingga tercampur rata. 
  3. Buat lubang ditengah mangkuk tadi, lalu masukkan telur, vanila, pisang, nanas dan minyak ditengahnya, mixer sebentar hingga tercampur rata saja.
  4. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah disiapkan tadi, panggang dengan suhu 150 derajat celcius selama 1 jam 15 menit atau tes tusuk lidi, jika tidak lengket berarti sudah mateng. 
  5. Angkat dan dinginkan di atas rak kawat. 
  6. Cara membuat cream cheese frosting: campur semua bahan lalu mixer hingga semua tercampur rata dan adonannya lembut putih (kurang lebih 2-3 menit).
  7. Gunakan pisau palet untuk mengoleskan cream cheese frosting diatas kue atau jika menggunakan cetakan seperti saya, semprotkan cream cheese ditengah kue.





No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...