Sus Pisang Bugis

Tuesday, December 08, 2015 | me |

Bismillah.
Apa kabar teman-teman? Maafkan saya karena sudah lama gak ada kabar berita dan posting di blog ini. Padahal kalau sekedar posting foto di Facebook dan Instagram saya masih sempat-sempatkan. Saya ini orangnya gampang stres apalagi kalau kerjaan dikantor saya masih banyak yang belum selesai, saya gak bisa fokus ke hal lain, maunya perfect hasilnya. Belum lagi 2 hari ini saya agak kecewa dan sedih karena masalah salah paham di FB dan orang-orang yang menyalahartikan tentang berbagi pengetahuan. Tapi sudahlah, kita gak akan jadi lebih baik kalau tidak diberi cobaan. Bismillah aja untuk fokus berkarya. Terimakasih untuk semua dukungan dari para sahabat, teman dan saudara. Alhamdulillah semangat lagi. Hehehe... terlalu stres juga gak baik ya teman-teman, disela-sela waktu seperti saat ini (karena besok libur pemilukada) saya cobalah untuk memanfaatkan waktu untuk posting resep.

Oiya teman-teman,  resep pisang sus bugis ini adalah resep dari kakak sepupu saya dari Bone (Sulsel), resepnya unik menurut saya karena yang namanya sus biasanya kan gak seperti itu ya penampakannya tapi gak tau kenapa kue ini dinamakan sus. Sudahlah ya, yang penting kuenya enak bangeeeeettt, krispi manis wangi pisangnya. Pisangnya kalau mau enak harus pake pisang raja, wangi soalnya. Kue ini gak cukup makan satu deh, beneran. Yuk dicoba bikin buat cemilan sore-sore dirumah, gampang koq :)

Sus Pisang Bugis

Bahan-bahan:
Pisang raja 1 sisir, potong 2
300 gram tepung terigu
3-4 sendok makan gula pasir (sesuaikan selera untuk rasa manisnya)
50 gram margarine
Air secukupnya
Minyak goreng untuk menggoreng

Bahan pelapis:
Tepung panir secukupnya
1 butir telur

Cara membuatnya:
  1. Panaskan wajan anti lengket, dengan api kecil saja, lalu masukkan margarine dan gula pasir aduk-aduk sampai meleleh. kecilkan apinya.
  2. Masukkan tepung terigu, aduk cepat dengan spatula kayu hingga semua bahan tercampur rata, lalu tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga rata. Patokannya adalah adonan bisa dibentuk (dikepal dgn tangan) tapi tidak terlalu lembek. Matikan api, angkat.
  3. Adonan masih hangat-hangat, ambil adonan secukupnya, pipihkan adonan dengan tangan dan dialasi plastik, beri isi 1 potong pisang diatasnya, lalu gulung dan direkatkan sampai berbentuk bulat panjang. Lakukan langkah 3 sampai semua adonan habis.
  4. Bahan pelapis: kocok lepas telur, lalu celupkan kue sus tadi kedalam telur sebentar hingga rata, dan gulingkan diatas tepung panir. 
  5. Panaskan minyak goreng, goreng kue sus pisang bugis hingga berwarna cokelat keemasan. Angkat dan tiriskan.


1 comment:

  1. Semangat positif dan terus berkreasi, Amel! Posting resepnya bikin pengen... makan! (bukan pengen masak, hihi, pemalas) :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...