Lapis legit Klasik Pontianak

Tuesday, August 27, 2013 | me |



It's a long...long..long time gak nge-post di blogku ini. Kangeeeeeeeennnnn..... Well setelah menjalani proses mutasi kerja yang cukup menyita tenaga, finally... Alhamdulillah Saya sudah resmi Pindah Dari kantor lama, melagakan Dan juga cukup Sedih. Ya sudah.... Let's face the new part of my life. Semangaaat...

Hari ini Saya mau berbagi resep "Kue Lapis Legit". Yupsss.... Merasa pernah gagal dalam membuat kue lapis legit waktu Idul fitri kemaren, membuat Saya penasaran dengan cara sebenarnya dalam membuat kue lapis. Soalnya banyak banget resep kue lapis legit yang beredar baik di Internet ataupun Dari majalah2.

Sedikit sejarah, sebenarnya kue lapis legit Bukanlah barang baru dalam keluarga Saya, Saya yang lahir Dan besar di pontianak udah terbiasa banget makan kue lapis legit yang enaknya nampol, apalagi pas lebaran, kue ini adalah kue wajib yang harus ada di setiap rumah, minimal 1 jenis kue lapis. Karena kue lapis sendiri di Pontianak macemnya banyaaaakkk. Nenek Dan tante2 saya(sodara mama) jago2 banget bikin aneka macam jenis kue lapis legit, kombinasi Dan modifikasi. Tapi karena dulunya gak telaten ngeliatin nenek atau tante bikin kue lapis, jadinya Saya juga gak bisa bikin kue ini. Karena butuh ketelatenan Dan keuletan untuk membuat kue ini.


Ok bun, this is the recipe kue lapis legit yang Saya dapat kan Dari mengikuti kursus di Fortuna Cake:

LAPIS LEGIT
Bahan:
40 butir kuning telur (setara dengan 800gram kalau ditimbang)
400 gram gula halus
4 sdm susu kental manis
700 gram mentega/butter*
75 gram terigu (ayak)
1 sdm bumbu lapis (spekuk)

Cara:
1. Kocok mentega, gula, susu dan bumbu lapis sampai mengembang dan putih (kurang lebih 15 menit, tergantung mixer yang dipakai. 15 menit biasaya untuk hand mixer)
2. Kocok kuning telur sampai kental kurang lebih 10 menit dengan kecepatan maksimum (Tapi jangan sampai putih, patokannya ketika kocokan mixer diangkat, adonan telur berbentuk lipatan/berlipat).
3. Campur adonan telur kedalam adonan mentega, aduk rata dengan menggunakan kocokan telur. Cara mengaduk:Dari bawah Ke atas.
4. Tambahkan terigu, aduk rata lagi (Dari bawah Ke atas).
5. Siapkan loyang ukuran persegi ukuran 20cm x 20cm, oles dengan margarine, kemudian alasi dasarnya dengan kertas roti Dan olesi dengan margarine lagi.
6. Timbang adonan 100gram, kemudian tuang kedalam loyang, ratakan. Panggang selapis Demi selapis dengan menggunakan api atas selama 4-5 menit.
7. Panas oven 150 derajat celcius.




Tips Membuat Lapis Legit:
  1. Butter bisa diganti dengan margarine seperti blueband, tapi tepungnya dikurangi sedikit ya, karena pengaruhnya pada tingkat kepadatan kue, kalo butter krn teksturnya yg lebih lumer dibanding margarine, maka hasil kuenya jadi lebih lembut 
  2. loyang: sebaiknya gunakan loyang seng, jangan alumunium, karena hasilnya Akan berbeda terutama pinggir kue lapis akan benyek.
  3.  Adonan kue lapis bisa disimpan di freezer s/d 6 Bulan Dan tidak Akan berubah
  4.  Adonan yang ada didalam baskom (yang masih banyak, sebelum ditimbang 100 gram untuk setiap lapis) JANGAN DIADUK2. Setelah sebagian adonan diambil kedalam mangkok kecil dan ditimbang 100 gram, barulah adaonan tersebut diaduk (dari bawah keatas). ini untuk mencegah adonan bergelembung pada saat dipanggang.
ukuran loyang:
20cmx20cm ====> perlapis 100gram =====>1 resep jadinya 1 loyang
22cmx22cm====> perlapis 110gram =====> 1 1/2 resep jadinya 1 loyang
24cmx4cm====>.  Perlapis 120gram ====> 1 1/2 resep jadinya 1 loyang.













No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...