Pindang Pegagan (Palembang) # IDBF Challenge : Kreasi Dapur Bersama Sajian Sedap

Saturday, November 15, 2014 | me |



Sebagai anggota baru Indonesian Food Blogger saya sangat senang sekali bisa bergabung di sini, senang karena bisa ikut meramaikan komunitas ini, senang bisa sambil belajar dari para senior yang udah lama berkecimpung didunia food blogging, senang juga karena banyak ilmu yang bisa didapatkan disini.

Untuk IDFB Challenge, ini kali pertama saya mencobanya. Semangat sekali untuk ikut meramaikan, apalagi kali ini challenge nya adalah dari Sajian Sedap. Cerita tentang Sajian Sedap, saya sudah sejak lama "nge-fans" dengannya, baik dari Majalah Sedap, Tabloid Saji maupun webnya Sajian Sedap. Resep-resepnya selalu jadi referensi saya dalam memasak dan membuat kue, tambah senang lagi karena saya menggunakan Ipad jadi saya bisa beli E-Magz Majalah Sedap dan Tabloid Saji  melalui SCOOP (berlangganan sejak tahun 2012).
Keuntungan membeli E-Magz Majalah Sedap dan Tabloid Saji adalah karena paperless (save the environment), gak khawatir juga majalah atau tabloidnya rusak atau sobek, dapat dibawa kemana-mana karena semua majalah dan tabloid sudah ter-compile di ipad, jadi kapan saya ingin membacanya tinggal buka ipad. Mudah dan menyenangkan dalam memasak :)

Di IDFB Challenge kali ini resep yang saya ambil adalah dari E-Magz Majalah Sedap Edisi 11/XV/2014 halaman 37 yaitu Pindang Pegagan (Palembang). Resep ini sangat menarik untuk dicoba, karena ikan Gabus yang digunakan sebagai dasar pembuatan pindang ini mengandung protein albumin yang sangat baik untuk kesehatan. Ikan yang kaya manfaat ini sekarang sangat sulit dicari di pasar karena semakin langka, kalaupun ada harga pasti mahal, tapi demi manfaat yang bagus harga tak jadi masalah ya bunda.

Pindang pegagan ini sehat sekali karena dimasak tanpa menggunakan minyak untuk menumis, semuanya serba rebus, segar sekali untuk dijadikan lauk makan siang. Oiya di resep ini ada 1 bahan yang saya tambahkan yaitu Terung Asam, rasanya sedikit kecut saja namun segar, enak sekali di campurkan dengan pindang ini. Berikut resepnya:


Pindang Pegagan
(Resep: Majalah Sedap 11/XV/2014 halaman 37)

Bahan:
4 ekor ikan gabus ukuran sedang, potong 3 bagian
2 batang serai, memarkan
2 cm lengkuas, iris halus
3 lembar daun salam
3 buah tomat potong-potong
2 sendok teh asam jawa
4 sendok teh garam
1 sendok teh gula merah sisis
1 batang daun bawang, potong-potong 2 cm
1 ikat kecil kemangi, ambil daunnya
1.750 ml air
1 buah terung asam, potong-potong

Bumbu Halus:
10 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1 buah cabai merah besar
3 buah cabai merah keriting
1 buah tomat
2 cm kunyit, bakar
1/2 sendok teh terasi, bakar

Cara membuat:
  1. Lumuri ikan dengan 1 sendok makan jeruk nipis dan 1 sendok teh garam, diamkan 15 menit.
  2. Campur ikan, bumbu halus, serai, lengkuas, jahe dan daun salam. Tuang air. Masak hingga mendidih dan harum
  3. Tambahkan tomat, terung asam, asam jawa, garam dan gula merah. Aduk rata. Masak sampai matang.
  4. Masukkan dun bawang dan kemangi. Aduk rata.


Setelah masak, langsung deh saya ambil sepiring nasi panas, dan semangkuk pindang pegagan ini, amboooiiiii sedapnyo, segar asamnya perpaduan asam jawa dan terung asam yang pas, lalu ada rasa manis yang tipis dari gula merah, rasa bumbu-bumbu yang mantep banget, pedasnya juga dapet. sama aroma kemangi yang bikin pengen nambah kuahnya terus. Eh gak berasa semangkukpun bisa dihabiskan sendiri, waduh gawat timbangan BB naik hehehe. Resep dari majalah Sedap selalu tak pernah mengecewakan, sedap dan mudah untuk dicoba. :)

Update:
Alhamdulillah resep Pindang Pegagan ini berhasil memenangkan IDFB Food Challange dari Majalah Sedap. Puji syukur kepada Allah karena bisa jadi juara 1. Padahal peserta lainnya juga keren-keren resep masakannya. Selamat untuk semua pemenang.  Horeeee...... Link nya bisa dilihat disini: http://indonesianfoodblogger.com/post/page/2514/kreasi_dapur_bersama_sajian_sedap.html





5 comments:

  1. wah enak benerrr...segerr mbaaa.....

    ReplyDelete
  2. cacam alangke lemaknyo pindang gabus....
    apolagi palaknyo!!!

    ReplyDelete
  3. Terima kasih mbak Wulan dan mas Dedy. ayuuuk dicoba juga buatnya. enaknyo luar biaso :P

    ReplyDelete
  4. Indonesia Eats: Terung asam itu nama buah mbak, bentuknya bulat seperti tomat buah, warnanya kuning jika sudah tua (matang) dan hijau jika masih muda. Rasanya kecut, dan biasanya dimasak dengan ikan sebagai pengganti asam jawa. Terung asam sangat terkenal di kalangan masakan melayu (kalimantan, sumatera dan malaysia) bisa di googling penampakannya :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...