Muffin Butter Choco Cheese

Thursday, December 18, 2014 | me |




Bismillah...

Akhir-akhir ini makin kesengsem dengan dunia food blogging, dan tambah bahagia lagi karena bisa bergabung dengan komunitas "Indonesian Food Blogger" (IDFB) yang menjadi tempat berkumpulnya para blogger Indonesia yang mempunyai hobi sama di bidang masak memasak dan food photography. Kalau saya sih masih tergolong sangat pemula dalam dunia ini, tujuan utamanya hanya menyalurkan hobi dan mendokumentasikan resep-resep favorit yang pernah saya coba di dapur saya. Pada Challange IDFB bulan November kemaren, yang bekerja sama dengan Sajian Sedap, alhamdulillah resep uji coba saya "Pindang Pegagan" (link-nya disini) dari Majalah Sedap menjadi juara pertama pada challange tersebut. Gak nyangka sekali, karena niat awalnya benar-benar hanya ingin nimbrung, meramaikan, memeriahkan saja. Resep uji coba dari para anggota IDFB yang lain juga keren-keren dan look so yummy.



Ngomong-ngomong soal Majalah Sedap, masih buanyaaak sekali resep dari majalah tersebut yang ingin sekali saya coba di dapur saya. Semuanya enak-enak, bikin ngiler. Kali ini resep yang saya coba adalah dari Majalah Sedap edisi 10/XV/2014 halaman 134 yaitu Muffin Butter Choco Cheese. Muffin ini spesial saya buat untuk mahasiswa saya yang sudah berhasil memenangkan lomba presentasi di kelas yang saya ampu. Alhamdulillah mereka bilang enak banget, dan ludessssss..... :)



Resep Muffin Butter Choco Cheese (Source: Majalah Sedap)

Bahan I
250 gram cream cheese
50 gram gula tepung
1 butir telur kocok lepas
1 kuning telur
1 sendok teh kulit jeruk lemon
1/2 denok teh air jeruk lemon
1 sendok makan susu kental manis
1/4 sendok teh garam
100 gram keju cheddar, potong kotak kecil

Bahan II
200 gram tepung terigu protein sedang
30 gram cokelat bubuk
2 sendok teh baking powder
150 gram gula pasir halus
1/2 sendok teh garam
100 gram butter
2 butir telur
150 ml susu cair

Cara membuat:
  1. Bahan I, kocok cream cheese dan gula tepung sampai rata. Masukkan telur, kulit jeruk lemon, air jeruk lemon, susu kental manis dan garam. Kocok rata. Tambahkan keju cheddar. Aduk rata. Sisihkan
  2. Bahan II, ayak tepung terigu, cokelat bubuk, dan baking powder. Tambahkan gula pasir halus dan garam. aduk rata. Masukkan butter, aduk sampai berbutir (dengan tangan atau pastry blender)
  3. kocok lepas telur dan susu cair. Tuang sedikit-sedikit ke atas campuran tepung terigu sambil diaduk rata dengan whisker sampai tidak berbulir.
  4. Tuang adonan I ke dalam cetakan muffin kecil yang telah dialasi dengan cup kertas.
  5. Semprotkan bahan II di tengahnya. Buat pola marble dengan tusuk gigi.
  6. Oven dengan api bawah suhu 190 derajat celsius selama 20 menit sampai matang.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...