Fluffy Banana Pancakes

Thursday, January 29, 2015 | me |
Bismillah.
Punya usaha Guest House kecil-kecilan dirumah membuat saya harus membuat sarapan untuk para tamu yang menginap. Saya hampir tidak pernah menghidangkan roti tawar dan selai saja jika tak diminta. Biasanya sarapan yang saya sediakan adalah nasi, entah nasi kuning, nasi goreng, nasi uduk, atau nasi putih dengan lauk pauknya. Menu sarapan akan sedikit berbeda jika tamu yang menginap adalah tamu asing "bule". Saya memahami gak semua orang bule suka dan terbiasa makan nasi saat sarapan. Jadi untuk sarapan mereka biasanya saya sesuaikan dengan "lidah barat" mereka.

Ada untungnya juga pernah menginap di hotel-hotel berbintang saat masih bekerja di Jakarta dulu dan saat jalan-jalan atau liburan, jadi saya bisa mengamati, mencicipi, dan coba mempelajari rasa dari makanan-makanan ala barat yang dihidangkan saat sarapan. Salah satu menu sarapan yang simpel dan selalu ada disetiap hotel adalah Pancakes. Pancakes itu jenis kue yang menurut saya paling gampang membuatnya teman, tak makan waktu lama membuatnya dan yang paling saya sukai pancakes itu bisa dimakan dengan bermacam saus atau selai kesukaan kita. 

Pagi ini menu sarapan yang saya buat untuk Peter, expatriat dari Austria yang menginap di RGH adalah Baked Tomatoes, Scrambled Eggs dan Banana Pancakes. Enak kaaaan... yuk mari menginap di RGH :D

Berikut resep Banana Pancakes ala saya (Inspirasi dari lempeng pisang khas melayu)

Bahan:
220 gram tepung terigu
50 gram oatmeal instant (diblender kering)
1 butir telur
350 cc santan kental (bisa diganti dengan susu cair)
3-6 buah pisang susu dipotong-potong (bisa diganti pisang lain sesuai selera)
1 sendok teh baking powder
4 sendok makan gula
1/2 sendok teh garam
2 sendok makan butter, dicairkan.

Pelengkap (optional):
Pisang susu
Madu
 bubuk kayu manis
selai blueberry dll

Cara membuat:
  1. Campurkan bahan kering: tepung, bubuk oatmeal yang sudah dihaluskan, baking powder, gula, garam.
  2. Masukkan santan kedalam bahan kering, aduk rata. Tambahkan telur, butter dan pisang. Aduk rata dengan whisker. Diamkan beberapa menit.
  3. Masak pancakes dengan wajan teflon hingga berwarna cokelat keemasan. Jangan lupa dibalik.
  4. Angkat dan hidangkan dengan potongan pisang dan madu atau topping lainnya sesuai selera.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...