Resep Japanese Cheese Cake With Blueberry Topping

Thursday, January 15, 2015 | me |

Cake ini sebenarnya sudah lama saya buat, yaitu pada pertengahan Desember 2014 kemaren. Namun karena suami sedang dirawat di rumah sakit, dan setelah sembuh saya juga langsung ambil cuti mudik ke Surabaya dan ditambah kesibukan pekerjaan sehingga membuat saya lupa untuk posting resep ini di blog. Mumpung ada kesempatan, dan ada request resep dari tamu Rina Guest House yang sempat mencicipi enaknya cake JCC ini, yaitu mbak Nita dari Makassar. Berikut resepnya ya :)

Japanese Cheese Cake with Blueberry Topping (Source: http://ricke-ordinarykitchen.blogspot.com/2010/12/japanese-cheese-cake-jcc.html)

Bahan:
50 gram tepung terigu protein sedang
50 gram tepung maizena
60 gram butter (saya pakai wijsman)
250 gram cream cheese (biarkan disuhu ruang)
120 ml whip cream
3 butir kuning telur
1 butir telur utuh
5 butir putih telur
2 sendok teh parutan jeruk lemon
1/4 sendok teh garam halus
125 gram gula pasir
1 sendok makan air jeruk lemon

Blueberry Topping:
200 gram filling jam blueberry siap pakai (saya pakai yang merk paletta)
200 gram buah blueberry segar.
2 sendok makan air 
Cara membuatnya:
Siapkan panci saus, panaskan filling jam blueberry, tambahkan air, dan masukkan buah blueberry segar. Masak sampai meletup-letup sambil diaduk. Angkat dan dinginkan.

Cara membuat:
  1. Siapkan loyang bulat ukuran 20 atau 22 cm. Alasi dengan kertas roti dasarnya, dan juga bagian pinggirnya. Oles tipis dengan butter. sisihkan. 
  2. Siapkan loyang segi empat yang ukurannya lebih besar dari loyang bulat. Masukkan air kurang lebih 1/2 dari loyang tersebut. Lalu masukkan loyang berisi air tersebut ke dalam oven.
  3. Panaskan oven 150 derajat celcius
  4. Campur dan ayak tepung terigu dan tepung maizena. Sisihkan
  5. Siapkan panci saus/panci kecil.  Masukkan butter, cream cheese dan whip cream. Panaskan dengan api kecil saja, sambil diaduk-aduk. Jangan lama-lama, cukup asal leleh saja. Angkat dan dinginkan terlebih dahulu.
  6. Masukkan campuran tepung terigu dan maizena. Masukkan kuning telur (3 butir) dan telur utuh (1 butir), aduk rata. Masukkan kulit jeruk lemon, aduk rata. sisihkan
  7. Kocok putih telur hingga berbusa, lalu masukkan gula pasir dan air jeruk lemon sedikit demi sedikit sambil terus dikocok dengan speed tinggi sampai putih telur mengembang soft peak (googling saja bagaimana gambar/bentuk adonan soft peak) 
  8. Tuang 1/3 adonan putih telur ke dalam adonan cream cheese tadi.Aduk rata dengan metode aduk balik.
  9. Tuangkan adonan (no.7 diatas) ke dalam sisa adonan putih telur, aduk balik sampai tercampur rata. Tipsnya saat mengaduk, perlahan-lahan dan jangan sampai diangkat spatulanya. supaya udara dari putih telur tidak keluar.
  10. Tuang adonan ke loyang bulat. Oven selama kurang lebih 75 menit dengan suhu 150 derajat C.
  11. Jangan lupa sebelum memasukkan loyang bulat ke dalam loyang segi empat yang berisi air, bungkus sisi luar loyang bulat tersebut dengan alumunium foil untuk mencegah air masuk kedalam loyang.
  12. Setelah cake mateng, dengan ciri-ciri warna keemasan pada permukaan atas, matikan oven. Namun jangan langsung dikeluarkan dari oven. Biarkan dulu kurang lebih 15-20 menit. Untuk mencegah cake tidak turun ukurannya.
  13. Jika telah benar-benar dingin, keluarkan cake dari loyang dan lepaskan kertas rotinya perlahan-lahan. Beri topping blueberry di atasnya. Sajikan.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...