(Product Review) Lock & Lock E-Cook Deco Fry Pan - Ikan Haruan Bakar Mercon

Wednesday, January 21, 2015 | me |



Tinggal di Kalimantan itu berkah lho teman-teman. Karena disini kami masih bisa menemukan beragam spesies ikan sungai air tawar yang tidak dipelihara di tambak. Ada ikan gabus (orang Kalimantan menyebutnya ikan Haruan), ikan saluang, ikan belida, ikan lais, ikan papuyuh, ikan patin, ikan toman, ikan biawan, ikan sepat dan lain sebagainya. Beberapa jenisnya seperti ikan haruan, papuyuh, biawan dan sepat setiap hari masih banyak dijumpai di pasar-pasar tradisional dengan harga yang cukup terjangkau.

Orang Kalimantan biasanya mengolah ikan dengan cara yang sederhana, seperti di masak asam pedas, pais, dan paling banyak disukai adalah dibakar. Membakar ikan memang bukan perkara yang sulit, namun juga tidak bisa dianggap remeh. Salah-salah ikannya bisa gosong dan rasanya menjadi tidak “asli” lagi. Untuk itu cara membakar ikan haruslah diperhatikan, alat masak yang digunakan haruslah memiliki kualitas terbaik supaya hasilnya juga memuaskan, enak dan sehat.


Ngomong-ngomong tentang peralatan memasak, saya kemaren dapat hadiah yang tak disangka-sangka dari Lock & Lock, yaitu Lock & Lock E-Cook Deco Fry Pan. Wooow… siapa yang tak girang mendapatkan fry pan yang cantik, elegan dan berkelas seperti itu. Terimakasih untuk Lock & Lock yang telah bekerja sama dengan Indonesian Food Blogger dalam event "Who's The Best Chef Blogger".


Hemmm…  kita gak mungkin tau dong kualitas suatu barang jika belum kita uji coba. Nah mumpung dapat Lock & Lock E-Cook Deco Fry Pan gratis ini, yuk lah kita jajal kemampuannya dalam memasak. Untuk review penggunaan produk Lock & Lock E-Cook Deco Fry Pan, saya mencoba memasak 2 jenis masakan berbeda yaitu:
  1. Choco Hazel Stuffed French Toast with Macerated Strawberries, review-nya bisa dilihat disini; dan
  2. Ikan Haruan Bakar Mercon. 


Setelah diuji coba di dapur kesayangan, ternyata saya tidak salah menilai keunggulan dari Lock & Lock E-Cook Deco Fry Pan ini. Hasil kedua masakan saya sangat memuaskan. Produk yang berkualitas itu memang tidak mungkin mengecewakan. 

Untuk masakan kedua, yaitu ikan haruan bakar mercon, dulu biasanya saya membakar ikan haruan ini dengan cara konvensional yaitu dengan alat pembakar biasa dan menggunakan arang. Jangan tanya proses memasaknya, penuh asap dan hasilnya, jika lengah sedikit saja ikannya bisa jadi hangus dan rasanya sudah tak original lagi. Belum lagi, kulit ikannya lengket di alat pembakar, duh rasanya tak rela.

Namun setelah mencoba membakar ikan dengan Lock & Lock E-Cook Deco Fry Pan hasil Ikan Haruan Bakar Mercon sangat enak, rasa juicy khas ikan haruan tetap ada, matengnya rata, dan yang paling saya suka adalah hasilnya tidak lengket padahal sama sekali tidak menggunakan minyak goreng. It's amazing.

Bagaimana untuk pembakaran ikan haruan yang kedua, duh Lock & Lock E-Cook Deco Fry Pan-nya sudah kotor nih? Jangan khawatir, cukup ambil selembar tissue dan lap perlahan fry pan-nya, tadaaaaa..... gak lengket lagi, langsung kinclong tanpa perlu dicuci lagi. Siap untuk membakar ikan berikutnya.



Siapa yang tidak tergoda mencium aroma ikan Haruan bakar mercon yang harum dan pedas, serta penampakannya yang sangat lezat. Tak perlu tambahan lauk apa-apa lagi, cukup nasi denga lalapan ketimun, dan sambal “cacapan jeruk tomat” saja sudah nikmat. Wah kalau udah begini, program diet gagal, karena kalap makan banyak.

Berikut resepnya Ikan Haruan Bakar Mercon (Source: Resep Pribadi)

Bahan-bahan/bumbu-bumbu:
2 Ekor ikan Haruan (Gabus) belah bagian tengahnya.
1 sendok teh air jeruk nipis 
1/2 sendok teh garam 
 

Bumbu Ikan Bakar (di ulek kasar):
4 buah cabai merah besar 
8 buah cabai merah keriting 
10 buah cabai rawit merah 
8 butir bawang merah 
4 siung bawang putih 

3 cm kunyit
2 batang serai (ambil bagian putihnya)
3 cm lengkuas
Garam dan penyedap rasa secukupnya

Cara membuat:

  1. Lumuri ikan haruan dengan air jeruk nipis dan garam. Diamkan beberapa menit.
  2. Ambil ikan dan lumuri dengan bumbu secara merata.
  3. Panaskan Lock & Lock E-Cook Deco Fry Pan, dan bakar ikan sampai matang dan harum.






No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...