Sponge Cake Pandan ala NCC

Friday, March 13, 2015 | me |

Bismillah.

Kalau ditanya sejak kapan saya suka bikin-bikin kue, secara jujur saya bilang adalah sejak saya belajar atau kursus kue (beberapa kali) di NCC Matraman tahun 2013 lalu. Guru baking saya adalah bu Fatmah dan mbak Nadrah. Mereka memang hebat dan luar biasa.Saya bersyukur sekali bisa mengenal dan menimba ilmu dari mereka.

Hari ini saya kangen pengen bikin kue setelah beberapa minggu absen karena kesibukan kerja dan usaha. Kangen pengen makan cake dan minum teh sore-sore, kumpul-kumpul sama keluarga dan tetangga, sambil memantau anak-anak yang riang bermain, duh enaknya ya. Ide langsung dieksekusi, hari ini saya bikin Sponge Cake Pandan resep dari Natural Cooking Club (NCC) yang sedikit saya modifikasi dengan mengganti 30 gram tepung tergu menjadi maizena dan margarine saya ganti margarine butter (Palmia Royal) biar lebih wangi.

Sponge Cake Pandan ala NCC 


Bahan:
8 butir telur utuh
200 gram gula pasir castor
1 sendok makan cake emulsifier (bisa pakai SP/TBM/Starkies)
195 gram tepung terigu
30 gram tepung maizena
100 gram butter dilelehkan
1/2 sendok teh pasta pandan

Cara membuat:
  1. Siapkan loyang (sesuai selera), olesi dengan margarine, lalu taburi tepung dan ratakan, kemudian sisihkan.
  2. Panaskan oven terlebih dahulu dengan suhu 180 derajat celcius.
  3. Kocok telur, gula dan cake emulsifier dengan mixer kecepatan tinggi hingga mengembang dan kental.
  4. Turunkan speed mixer, lalu masukkan tepung terigu sambil di ayak secara bertahap, aduk rata  dengan mixer, angkat.
  5. Masukkan pasta pandan dan butter leleh (sudah dalam keadaan dingin) kedalam adonan. Aduk perlahan dan sampai tercampur rata dengan menggunakan whisker atau spatula.
  6. Tuangkan adonan kedalam loyang, lalu oven selama kurang lebih 45 menit dengan suhu 180' C atau hingga matang (tes tusuk lidi).
  7. Setelah matang, jangan mengeluarkan kue dari oven dalam keadaan panas, diamkan hingga 1 jam didalam oven (sedikit dibuka pintunya). Hal ini untuk mencegah cake yang sudah mekar mengembang menjadi "turun" lagi.
  8. Setelah dingin, keluarkan cake dari loyang, dan sajikan.

5 comments:

  1. sponge cake itu adalah kue bolu kan ka ?

    ReplyDelete
  2. mbak aku dah nyobain sesuai resep tp kenapa permukaan cakeku retak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear mbak Citra, retaknya seperti apa? Membumbung trus kemudian retak kah? kalo gitu mungkin pengocokannya terlalu lama, jd terlalu mengembang. Tapi kalo retak tp tidak mbumbung, mungkin kue terlalu kering, bisa jadi oven terlalu panas.

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Halo Mbak Rina... ini pakai loyang ukuran/diameter berapa ya ? Soalnya kemarin saya baru bikin spongecake di loyang kotak 22×22×4cm (6 telur) tapi sepertinya kurang pas dengan volume cakenya, sehingga cake jadi meluber. Kalau rasa udah enak banget.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...