Spiral Curry Puffs (Karipap berpusing)

Saturday, March 28, 2015 | me |

Bismillah.
Weekend lagi, saatnya bereksperimen lagi. Kalau hari biasa duh rasanya susah untuk saya untuk bisa baking dan foto-foto hasilnya karena waktunya yang tak ada. Seharian waktu saya dihabiskan dikantor, dari jam 7.30 s.d 17.00. Weekend adalah waktu terbaik untuk bereksperimen di dapur. Let's trial and errors. :)

Kali ini saya yang saya buat adalah karipap berpusing atau dalam bahasa inggrisnya disebut spiral curry puffs. Kue ini sangat populer di Malaysia dan Singapore. Mirip-mirip dengan pastel tapi ini ada uniknya yaitu ada tekstur berlapis yang berbentuk spiral. Kulitnya sangat renyah, krispy dan isiannya yaitu kentang dan daging cincang dibalut dengan bumbu kari yang kuat. Resepnya saya dapatkan dari majalah Living Indonesia (Marta Stewart) edisi Oktober 2013.

Sedikit flashback ketika saya membuat kue ini, saya sedikit menitikkan air mata. Bukan karena susah atau pedas, tapi karena sempat teringat masa-masa sulit saat saya sekolah (SMA) dulu. Saya yang menumpang tinggal dirumah paman saya, setiap hari membantu tante saya membuat kue pastel (semacam karipap). Malam hari saya hampir tak pernah bisa belajar karena membantu tante membuat pastel untuk dititipkan di kantin-kantin sekolah dan warung. Jumlahnya pun tak sedikit, sekitar 300 buah pastel setiap hari. Malam hari kami mencetak pastelnya, kemudian esok subuhnya, jam 4 saya sudah bangun membantu tante saya menggoreng pastel-pastel tersebut. Setiap hari selama setahun lebih saya menjalaninya. Kata orang jamu itu rasanya pahit, tapi menyehatkan. Saya merasakan masa remaja yang tak mudah tapi akhirnya saya bisa menikmati hasilnya sekarang. Alhamdulillah

Spiral Curry Puffs (Original Recipe: Living Indonesia Marta Stewart)

Bahan kulit:

Bahan A (Water Dough)
250 gram terigu
1/4 sendok teh garam
15 gram margarine
1 butir telur
80-100 air dingin (tuang secara bertahap)

Cara membuat:
Tuang semua bahan ke dalam mangkuk sedang. Aduk, uleni sampai kalis. Istirahatkan selama 30 menit

Bahan B (Oil Dough)
100 gram tepung
70 gram margarine

Cara membuat:
Campur semua bahan adonan margarine dan tepung dalam mangkuk sedang. Remas-remas untuk mencampurkan semua bahan. Istirahatkan selama 30 menit.

Cara membuat Karipap berpusing:

  1. Bagi 2 masing-masing water dough dan oil dough (dengan berat yang sama). Bulatkan.
  2. Tipiskan water dough, taruh oil dough di tengahnya, tutup rapat dan pilin-pilin sambungan untuk mengunci.
  3. Gilas memangjang campuran adonan. Jaga jangan sampai pecah atau oil dough keluar dari water dough. Jika muncul gelembung-gelembung udara pada adonan yang digiling, tusuk dengan tusuk gigi atau jarum, kemudian gilas kembali hingga rapi.
  4. Gulung adonan yang sudah dipipihkan.
  5. Tipiskan lagi adonan yang digulung tadi dengan cara digilas secara memanjang.
  6. Gulung lagi, diamkan adonan selama 30 menit untuk mengistirahatkan lapisan margarine.
  7. Potong adonan menjadi dua secara melintang. Kemudian potong-potong lagi setiap bagain menjadi 4 bagian yang sama.
  8. Tipiskan satu irisan adonan, gilas dengan gerakan melingkar agar lapisan tetap rapi. Potong dengan ring cutter diameter 10 cm. (saya menggunakan cetakan pastel yang siap pakai)
  9. Letakkan adonan di telapak tangan kiri atau di cetakan pastel, isi dengan bahan isian lalu rapatkan sisinya dengan cara dicubit-cubit atau menutup cetakan pastel.
  10. Cetak sampai bahan habis.
  11. Setelah semua adonan habis, goreng karipap dalam minyak banyak dengan panas sedang sampai berwarna kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.
Bahan Isi (untuk 2 resep kulit karipap)
1 kg kentang, kupas dan potong dadu kecil dan dikukus sampai empuk. Tiriskan.
150 gram daging giling
1 buah bawang bombay, potong dadu/cincang
5 siung bawang putih, cincang halus.
Minyak goreng secukupnya untuk menumis
Garam secukupnya dan bubuk kaldu sapi 1 sachet (saya pakai royco sapi)

Bumbu kari dihaluskan (dengan blender bumbu kering):
2 sendok makan ketumbar
1/2 sendok teh adas manis
1/4 sendok teh jintan
1/2 buah pala
3 buah cengkeh
5 kelopak bunga pekak
3 biji kapulaga
7 cm kayu manis (dihancurkan kecil-kecil agar gampang saat diblender)
2 sendok teh bubuk kunyit (bisa diganti dengan kunyit basah secukupnya)

Cara membuat:
  1. Panaskan minyak dalam wajan anti lengket, tumis bawang bombay sampai layu, masukkan bawang putih, tumis sampai harum, lalu masukkan bumbu kari, tumis sampai harum, lalu masukkan daging giling. Masak sampai daging berubah warna.
  2. Masukkan kentang kukus, aduk  hingga merata dengan bumbu dan daging.
  3. Tambahkan garam dan bubuk kaldu sapi, aduk hingga rata. Angkat dan dinginkan.

Sambal bawang putih:
4 buah cabe rawit
3 siung bawang putih
1 sendok makan gula pasir
1/2 sendok teh garam
1 sendok makan air jeruk nipis.
5 sendok makan air putih mateng

Cara membuat:
ulek cabe rawit, bawang putih, gula dan garam. Tambahkan air jeruk dan air putih. aduk-aduk sampai gula dan garam larut. Sajikan.





No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...