Kepala Manyung Masak Kluwek

Sunday, June 07, 2015 | me |

Dari kecil saya itu termasuk pecinta ikan, apalagi di kampung halaman saya Pontianak, orang-orang melayu itu suka sekali dengan ikan. Bisa dimasak asam pedas, gulai, goreng, pepes, acar dan lain sebagainya. Salah satu ikan yang sangat disukai orang melayu adalah ikan manyung (orang melayu menyebutnya ikan Mayong). Ikan ini besar, dagingnya putih, sangat cocok juga untuk dijadikan pempek sebagai pengganti ikan tenggiri. Selain itu daging ikan manyung juga enak dimasak acar cuka, dan ini adalah masakan favorit saya saat lebaran. Kepala ikan manyung juga tak kalah enak koq teman-teman, ia sangat gurih dan rasanya kenyal-kenyal gimana gitu, hehehe. Soal amis, memang diakui ikan ini cukup amis, tapi jika dicuci bersih dan diberi jeruk nipis sebelum dimasak, bau amisnya bisa hilang koq.

Keluarga saya senang sekali memasak kepala ikan manyung ini, paling enak dimasak asam pedas dengan bumbu yang banyak, kental, rasa pedas dan asamnya yang kuat, dijamin bisa membuat kita keringatan saat memakannya. Suami saya juga suka kepala ikan manyung ini, tapi tidak dimasak asam pedas. Orang jawa gak begitu suka masakan asam pedas sih ya, hehehe. Ibu mertua saya punya satu resep kepala ikan manyung yang sangat disukai suami saya, yaitu Kepala Manyung Masak Kluwek. Rasanya enak, pedes gurih, dengan bumbu yang banyaaaaaakkkk. Makannya dengan nasi panas, sambel terasi dan lalap timun, beuh... enak banget teman-teman. Saking gak sabar mencicipi, gak sempat lagi ambil foto bagus dengan kamera DSLR dan properti apalah-apalah. Ini foto alakadarnya saja dengan kamera IPhone. Berikut resepnya, ini resep asli dari mertua saya. Selamat mencoba :)

Bahan:
1 buah kepala ikan manyung, belah menjadi empat bagian
1 buah jeruk nipis, peras airnya
6 lembar daun jeruk
3 buah serai digeprek
3 buah asam kandis (bisa diganti dengan air asam 2 sendok makan)
10 buah cabe rawit utuh
1 liter santan kelapa kental
Garam dan penyedap rasa secukupnya

Bumbu Halus:
6 buah bawang merah
4 siung bawang putih
5 buah cabe merah keriting (jika tidak suka pedas, skip saja)
2 ruas lengkuas (kurleb 4cm)
1 ruas kunyit (kurleb 2 cm)
1 ruas kencur
1 ruas jahe
1 sendok makan ketumbar
4 butir isi buah kluwek


Cara memasak:

  1. Bersihkan kepala ikan, beri perasan air jeruk nipis. Tiriskan.
  2. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan serai, daun jeruk, asam kandis dan cabe rawit utuh. Masak hingga layu.
  3. Masukkan kepala ikan manyung, aduk-aduk hingga bumbu meresap, lalu masukkan santan dan tambahkan garam dan penyedap rasa sesuai selera (jangan terlalu asin, karena nanti kuahnya akan mengental dan tinggal sedikit).
  4. Masak hingga kepala ikan matang dan kuahnya mengental. Angkat.
  5. Sajikan kepala ikan bersama sambel terasi dan lalapan. 







No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...