Sambal Cabe Rawit Terung Pipit

Tuesday, June 09, 2015 | me |

Bismillah.
Jadi perantau itu ada enak dan gak enaknya ya teman-teman. Enaknya mungkin kita bisa belajar hidup mandiri tanpa tergantung dengan keluarga, enak nyari duit (katanya di tempat rantau duitnya banyak, ah gak juga), tapi yang gak enaknya adalah kalau pas kita lagi rindu kampung halaman, rindu keluarga, rindu masakan-masakan khas daerah kita dan bahan-bahannya susah atau tidak ada di kota tempat kita merantau. 

Teman-teman pernah dengar terung pipit? Mungkin agak tidak familiar ya, karena di daerah lain buah ini tidak dimakan atau merupakan tanaman liar saja. Seperti masyarakat bugis sulawesi, orang sana menyebutnya "Terong Dongek" atau terong burung. Hanya dimakan oleh burung atau kerbau saja katanya, hehehe. Tapi kalau di Pontianak kampung halaman saya, terung pipit ini bisa dijadikan masakan lho. Dimasak  santan dengan daun singkong, ditumis dengan  kacang panjang atau sayur lainnya juga enak, dan yang paling enak adalah dibuat sambal, mau sambal tumis dengan cabe rawit atau cabe merah keriting, ataupun sambal bersantan semuanya enaaaak. Oiya, sekilas penampakan terung pipit ini mirip dengan Leunca, yang biasa dimasak dengan oncom ya, tapi tekstur dan rasanya agak berbeda.

Ibu saya sampai jauh-jauh bawa bibit pohon terung pipit ini dari Pontianak dan ditanam di kebun samping rumah saya. Pohonnya tumbuh subur, buahnya lumayan gede, dan kami bisa ambil kalau pas berbuah. Kalau udah begini jadi gak terlalu kangen kampung halaman ya, hehehe. Kemaren terung pipit ini saya buat sambal tumis dengan cabe rawit, tempe, tahu dan teri jengki asin. Sedap.. sedap.. sedap. Bikinnya juga gampang, gak nyampe 15 menit juga udah jadi koq. Berikut resepnya.

Bahan:
100 gram terung pipit, belah dua
1 balok kecil tempe, potong dadu
5 buah tahu, potong dadu 
50 gram teri jengki asin (bisa diganti dengan teri medan)
Garam secukupnya
gula atau penyedap rasa (optional)
Minyak untuk menumis
1 sendok makan air asam jawa
Beberapa sendok makan air

Bumbu ulek kasar:
10-15 batang cabe rawit (sesuai selera tingkat kepedasan)
4 buah bawang merah
4 siung bawang putih


Cara membuat:
  1. Goreng tempe dan tahu sampai berwarna keemasan, angkat dan tiriskan.
  2. Goreng teri jengki asin hingga kering, angkat dan tiriskan.
  3. Tumis bumbu ulek kasar sampai harum dan berubah warna, masukkan terung pipit tumis sampai layu. 
  4. Masukkan tempe, tahu dan teri, tambahkan sedikit air. Tambahkan garam, gula atau penyedap rasa. Masak hingga matang. Angkat dan sajikan.
















1 comment:

  1. Semua berita yang ada di website anda sangat menarik perhatian untuk di simak, salam sehat. . . !! Semoga beritanya dapat bermanfaat! share ya gan, thanks nih!!

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...