Rendang Jengkol

Tuesday, June 16, 2015 | me |

Bismillah.
Hari ini saya postingnya yang agak ekstrim ah, Rendang Jengkol teman-teman. Hehehe... saya itu penggemar berat jengkol. Mau dibikin balado kah, atau rendang kah saya tetap suka. Kalau makan diluar terutama di rumah makan padang, jengkol adalah pilihan utama saya. Memang bau sih ya, tapi bagaimana kalo udah suka? Waktu kecil dulu saya sering bantu tante saya jualan sate jengkol keliling kampung sambil teriak "Sate jengkooooolllll" hihihi. Ah jadi kangen masa kecil waktu dikampung dulu :)

Mendapatkan jengkol di Balikpapan ini gak susah koq, di pasar-pasar banyak yang jual, biasanya juga sudah direbus setengah mateng. Jadi kita gak repot mengupas kulitnya segala. Tinggal dicuci bersih dan direbus lagi sampai empuk lalu digepengkan/pipihkan/memarkan. Buat teman-teman yang ingin masak rendang jengkol, berikut resepnya. Oiya rendang jengkol ini bumbunya sedikit berbeda dengan rendang biasa ya, karena saya tambahkan rempah-rempah beraroma kuat agar aroma jengkolnya tak terlalu bau. Selamat mencoba :)

Rendang Jengkol (Resep asli mamak tercinta)

Bahan:
1 kg jengkol, 
1 liter santan kental dari 1 buah kelapa ukuran besar
2 batang serai memarkan
2 ruas lengkus, memarkan
2 Lembar daun salam
2 lembar daun kunyit (optional)
2 sendok makan gula merah yang sudah disisir
Garam dan penyedap rasa secukupnya
Minyak goreng untuk menumis bumbu halus

Bumbu halus:
15 buah bawang merah
10 siung bawang putih
10 batang cabe merah keriting
1 sendok makan ketumbar
1 sendok teh adas manis
1/2 sendok teh jintan
2 ruas kunyit
6 buah kemiri


Cara membuat:

  1. Rendam jengkol semalaman dengan daun jeruk purut. Tiriskan
  2. Rebus jengkol dengan air baru sampai empuk. angkat dan pipihkan/memarkan jengkol satu persatu
  3. Panaskan wajan, tumis bumbu halus sampai harum, lalu masukkan serai, lengkuas, daun salam, daun kunyit, aduk hingga layu. Masukkan jengkol, aduk-aduk hingga bumbu meresap.
  4. Tambahkan santan, gula merah, garam dan penyedap rasa. Masak jengkol sambil terus diaduk perlahan, jangan sampai santannya pecah. Masak sampai kuahnya mengental dan tinggal sedikit. Angkat dan sajikan.

3 comments:

  1. Mangkuknya kita samaan nih mba.

    ReplyDelete
  2. waaah, jengkolnya menggoda nih

    ReplyDelete
  3. yang perlu jengkol kwalitas terbaik dapat dibeli disini https://www.tokopedia.com/jengkoldelitua/jengkol-mentah-kwalitas-super-dari-delitua

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...