Cashew Chocolaziz Brownies

Tuesday, April 28, 2015 | me |


Bismillah. 
Minggu kemaren alhamdulillah saya dapat orderan 160 Lunch Box dari mahasiswa saya yang sedang mengadakan kegiatan Tryout USM STAN untuk anak-anak SMA di Balikpapan. Nah sebagai ucapan terimakasih saya untuk mereka dan juga mengapresiasi hal positif yang sudah mereka lakukan untuk orang lain, Senin malam kemaren saya bikinin mereka brownies, 106 mahasiswa Program Diploma I Sekolah Tinggi Akuntasi Negara jurusan Pajak dan Kepabeanan dan Cukai 2014. Wih... bikin browniesnya banyak dong? Iya, saya pakai 2 resep, dan 2 kali panggang pula. Jadinya banyak banget, 6 loyang brownies, 5 loyang buat mereka, 1 loyang buat saya hehe. Bisa menyenangkan orang lain itu sesuatu yang membahagiakan, iya kan teman?

Untuk resepnya saya masih setia dengan resep browniesnya Ummu Allegra yang sudah saya posting sebelumnya di sini. Namun kali ini saya tambahkan kacang mete (cashew) karena dirumah stok kacang mete saya masih banyak banget dan saya takut makan kacang mete, maklum umur sudah menginjak 30 tahun ini, jadi sudah mesti hati-hati menjaga makan. Rasa browniesnya bagaimana? Wangi dan enak banget, aroma kacang mete plus cokelatnya kuat banget. Alhamdulillah anak-anak pada suka dan pengen minta tambah, laziz katanya. Wah untuk berikutnya udah gak gratis ya hehehe. Bisa pesan koq :D. Ok, berikut resepnya, monggo dicoba.

Cashew Chocolaziz Brownies (1 Resep)

Bahan:
400 gram Tepung terigu, ayak
50 gram cokelat bubuk, ayak
600 gram gula pasir
6 butir telur (ukuran besar/jumbo)
1 sdt vanili bubuk
200 gram dark cooking chocolate, dilelehkan* 
200 gram kacang mete sangrai, cincang kasar*
200 ml minyak goreng


Cara membuatnya:
  1. Terlebih dahulu, Panaskan oven dengan suhu 180 C (oven dalam kondisi yang sudah set panasnya ketika kue dimasukkan, akan mempengaruhi hasil panggangan kue)
  2. Siapkan loyang (ukuran dan bentuk sesuai selera saja), oles loyang dengan margarine, lalu alasi dasarnya dengan kertas roti, setelah itu oles lagi dengan margarine. Sisihkan.
  3. Kocok telur, gula pasir dan vanili sampai setengah mengembang saja (yang penting gulanya sudah larut dan tidak berbutir-butir). matikan mixer.
  4. Masukkan sedikit demi sedikit tepung dan cokelat bubuk, aduk rata dengan menggunakan spatula.
  5. Masukkan minyak goreng, aduk rata lagi. Tambahkan dark cooking chocolate yang sudah dilelehkan kedalam adonan. Terakhir tambahkan kacang mete cincang, aduk hingga rata.
  6. Tuang adonan kedalam loyang yang sudah disiapkan. Panggang kue selama kurang lebih 30 menit dengan suhu oven 180 C.
  7. Tes tusuk lidi, jika sudah tidak lengket, angkat dan biarkan hingga dingin, lalu keluarkan dari loyang.

 Tips:
  • Melelehkan dark cooking cokelat berbeda dengan melelehkan margarine/butter. Caranya: panaskan air di dalam panci sedang hingga mendidih, matikan. Kemudian siapkan 1 panci yang ukurannya lebih kecil dari panci berisi air tadi, masukkan dark cooking cokelat yang sudah di potong-potong kedalam panci kecil tadi, dan rendam diatas panci sedang yang berisi air panas. Aduk aduk hingga cokelat benar-benar meleleh dengan sempurna.
  • Selain untuk isian, jika suka teman-teman juga bisa memberi taburan kacang mete cincang kurang lebih 50-100 gram diatas kue brownies sebelum dipanggang, rasanya akan tambah enak.






No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...