Sambal goreng kikil

Saturday, February 28, 2015 | me |

Bismillah.
Kemaren pas jam istirahat makan siang, saya dan bos saya makan nasi gudeg di salah satu depot di daerah Balikpapan Baru. Tempatnya bagus, seperti restoran, desainnya bagus, propertinya juga berkelas. Namun sayangnya gudeg yang disajikan sangat pelit menurut saya. Iya, porsinya kecil untuk orang sebesar saya dan bos saya, hihi. Apalagi sambal kreceknya palingan cuma sesendok makan saja porsinya. Miris sekali kan teman? Hikss. 

Mengobati rasa tak puas makan gudeg kemaren, terutama sambal goreng kreceknya, hari ini saya masak sambal goreng krecek. Namun berhubung saya kesulitan mencari kerupuk krecek atau rambak, jadi kreceknya saya ganti kikil saja. Jadi... judulnya adalah Sambal Goreng Kikil :D

Sambal Goreng Kikil

Bahan:
300 gram kikil, rebus dan potong-potong
250 gram kentang, potong kotak dan goreng
100 gram kacang merah, rebus
4 buah tahu, potong kotak dan goreng
2 lonjor buah petai, belah 2
15 batang cabe rawit utuh
2 batang serai, geprek
4 cm lengkuas, geprek
2 lembar daun jeruk
3 lembar daun salam
1-2 sendok makan gula pasir
2 sendok makan air asam jawa
500 ml santan (bisa diganti dengan 1 bungkus santan instant kara yang kecil diencerkan)
3 sendok makan minyak goreng untuk menumis

Bumbu Halus:
10 buah cabe merah keriting
8 buah bawang merah
4 siung bawang putih
3 buah kemiri
2 cm kunyit

Cara membuat:
  1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai harum, lalu masukkan serai, lengkuas, daun jeruk dan daun salam. tumis hingga layu.
  2. Tambahkan petai, kikil, kacang merah, kentang dan tahu. aduk rata.
  3. Masukkan air asam jawa, santan, cabe rawit, gula dan garam. Masak sampai meresap. Angkat dan sajikan.



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...